Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pre University PresUniv 2022, Kepala Puspeka: Mahasiswa Perlu Miliki Profil Pelajar Pancasila

Kompas.com - 28/08/2022, 18:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - President University (PresUniv) menggelar Pre University mengangkat tema "Your Best Career Awaits" pada Rabu, 24 Agustus 2022. Pre University adalah ajang reguler yang diselenggarakan PresUniv untuk menyambut mahasiswa baru.

Untuk tahun 2022, PresUniv menerima 2.049 mahasiswa baru baik dari dalam maupun luar negeri. Dikutip dari rilis resmi (28/8/2022), jumlah ini meningkat lebih dari 5 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Kepala Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemendikbud Ristek, Hendarman mengajak mahasiswa tidak hanya berdiam diri namun diajak membangun diri, di antaranya dengan memiliki profil Pelajar Pancasila.

“Ada enam utama ciri-ciri pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; berkebhinekaan global; bergotong royong; mandiri; bernalar kritis; dan kreatif," jelas Hendarman.

 

Dalam kesempatan sama, Rektor PresUniv Prof. Chairy menyambut gembira kedatangan para mahasiswa baru.

“Kini, kalian resmi menjadi keluarga besar PresUniv atau PresUniverse,” ucap Prof. Chairy. Ia menambahkan, “PresUniv termasuk salah satu dari 100 universitas terbaik di Indonesia. Di PresUniv, kami memberi kalian lingkungan internasional dan multikultural."

"PresUniv menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan. Kami juga memiliki mahasiswa asing terbanyak dibandingkan dengan universitas lainnya di Indonesia,” tambah Rektor PresUniv.

Mahasiswa asing itu datang dari berbagai negara, seperti China, Timor Leste, Vietnam, Korea Selatan, Mongolia, Bangladesh, Amerika Serikat, Sri Lanka, Pakistan, Kazakhstan, hingga Fiji.

"Bahkan PresUniv tercatat menjadi perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa asing penuh waktu terbanyak se-Indonesia. Mahasiswa- mahasiswa asing tersebut sama-sama belajar dan berinteraksi dengan mahasiswa," ujarnya.

Baca juga: Ini Strategi Unair Cegah Suap pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Dari magang hingga kurikulum karier

Rektor PresUniv juga menyampaikan, pada tahun pertama seluruh mahasiswa wajib tinggal di asrama. Ini bertujuan untuk mempercepat proses pembauran, membangun relasi dan koneksi di antara sesama mahasiswa.

Prof. Chairy juga menjelaskan tentang program magang atau internship. “Ini merupakan flagship program dari PresUniv yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dunia kerja lebih awal,” katanya.

Di PresUniv, magang merupakan bagian dari kegiatan perkuliahan. Jadi, bersifat wajib dengan bobot Satuan Kredit Semester-nya (SKS) yang sangat tinggi.

Mahasiswa yang ingin mengikuti program magang juga dipermudah oleh lokasi PresUniv yang terletak di salah satu kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, yaitu kawasan industri Jababeka.

Chairy memaparkan, luas kawasan industri ini mencapai 5.600 hektar dan menjadi “rumah” bagi lebih dari 2.000 perusahaan nasional dan multinasional. “Selain magang, ini juga memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa PresUniv untuk memiliki karier yang lebih baik,” tegas Chairy.

Wakil Rektor Bidang Akademik PresUniv Handa S. Abidin, menguraikan PresUniv akan membantu mahasiswa menemukan pilihan kariernya sejak dini. PresUniv, jelas Handa, menawarkan career-focused curriculum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com