Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MAN Insan Cendekia Serpong Sekolah Terbaik Se-Indonesia, Ini Profilnya

Kompas.com - 27/08/2022, 10:19 WIB
Sandra Desi Caesaria

Penulis

KOMPAS.com - MAN Insan Cendekia Serpong menduduki posisi pertama sekolah terbaik se-Indonesia berdasarkan nilai UTBK 2022 versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pengumuman ini diumumkan oleh Ketua LTMPT Prof. Mochamad Ashari dan para wakil ketua secara daring via Youtube, Jumat (26/8/2022).

Sekolah di Tangerang Selatan ini, mendapat skor 666,494 dari 23.657 SMA, MA, SMK, dan SMA swasta di Indonesia.

Namun, tahukah kamu, bagaimana MAN IC Serpong berdiri? Ternyata di balik sekolah yang siswanya terkenal mencetak prestasi ini dibangun atas ide mantan Presiden RI ketiga, Prof. Bacharuddin Jusuf Habibie.

Dilansir dari laman MAN Insan Cendekia Serpong Pada 1996, Presiden Jusuf Habibie ingin ada sekolah yang berlandaskan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Lalu, melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kemudian mendirikan Magnet School yang nantinya berubah namanya menjadi SMU Insan Cendekia di Serpong dan di Gorontalo melalui program penyetaraan IPTEK STEP (Science and Technology Equity Program) bagi sekolah-sekolah yang berada di lingkungan pondok pesantren.

Baca juga: 30 SMA Terbaik Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK 2022 Versi LTMPT

Pada tahun pelajaran pertama (1996/1997), penerimaan siswa SMU Insan Cendekia diprioritaskan bagi siswa-siswi SMU/MA kelas satu dan siswa-siswi lulusan SMP atau MTs berprestasi yang berasal dari pondok pesantren dan sekolah Islam lainnya.

Akan tetapi, mulai tahun pelajaran kedua (1997/1998) SMU Insan Cendekia memberi kesempatan pula kepada siswa-siswi SLTP umum dan MTs, baik negeri maupun swasta.

Sejak tahun pelajaran 2000/2001 SMU Insan Cendekia, baik yang berada di Gorontalo maupun di Serpong, dilimpahkan pengelolaannya oleh BPPT kepada Departemen Agama RI.

Untuk tetap mempertahankan ciri khas penguasaan IPTEK dan IMTAK, maka dalam pengelolaan dan pembinaannya, Departemen Agama dan BPPT terus melakukan kerja sama.

Selanjutnya nama SMU Insan Cendekia ditransformasikan menjadi Madrasah Aliyah Insan Cendekia dengan tanpa mengurangi dan mengubah sistem pengajaran secara keseluruhan yang telah berjalan selama ini.

Pada tahun 2001, dengan SK Menteri Agama RI, Nomor 490 Tahun 2001 MA Insan Cendekia Serpong dan Gorontalo berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Gorontalo dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong.

4 Strategi MAN Insan Cendekia Serpong cetak siswa berkualitas

Sejak pertama kali berdiri, MAN Insan Cendekia Serpong memiliki strategi pembelajaran yang efektif.

Ada pula strategi PAMUNGKAS merupakan akronim dari, Peningkatan Mutu Unggul Akademik Siswa.

Baca juga: 20 SMA/MA Terbaik Jawa Timur Versi LTMPT Berdasarkan Nilai UTBK 2022

Pamungkas merupakan inovasi yang dicanangkan untuk memenuhi target madrasah, yakni diterimanya 90 persen lulusan madrasah di Perguruan Tinggi berkualitas, dalam maupun luar negeri setiap tahunnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com