Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Kerja Ilmu Gizi dan Perguruan Tinggi Negeri Pilihannya

Kompas.com - 23/08/2022, 06:09 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Ilmu gizi merupakan salah satu jurusan kuliah yang mempelajari nutrisi pada kehidupan manusia. Terutama hubungan antara asupan makanan dengan kesehatan manusia.

Pengetahuan yang diperoleh selama kuliah, membuat prospek kerja lulusan Ilmu Gizi juga terbuka lebar.

Jika kamu tertarik mempelajari tentang makanan, jurusan Ilmu Gizi ini sangat cocok. Saat ini juga banyak perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) yang menyediakan jurusan Ilmu Gizi.

Melansir dari laman Masoem University, Selasa (23/8/2022) menjelaskan prospek kerja lulusan Ilmu Gizi. 

Baca juga: Keuntungan Pilih Jurusan Sastra Inggris, Prospek Kerja Luas

Prospek kerja jurusan Ilmu Gizi

1. Konsultan gizi

Lulusan ilmu gizi sangat memungkinkan untuk bekerja sebagai seorang konsultan gizi. Biasanya, konsultan gizi ini akan banyak dibutuhkan di perusahaan maupun berbagai tempat kesehatan lainnya. Konsultan gizi ini juga memiliki peluang memperoleh gaji yang cukup tinggi.

2. Staf rumah sakit

Prospek kerja jurusan Ilmu Gizi lainnya yakni bekerja sebagai staf di rumah sakit. Pekerjaan ini memiliki tugas yang hampir sama dengan konsultan gizi. Hanya saja, seorang staf rumah sakit akan menjadi konsultan atau ahli gizi di rumah sakit.

Baca juga: Avian Brands Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK-D3

3. Staf institusi pemerintah

Staf institusi pemerintah juga dapat dijadikan jenjang karier yang dipilih lulusan jurusan Ilmu Gizi. Para lulusan Ilmu Gizi ini dapat bekerja di BPOM dengan gaji yang cukup menjanjikan lho.

4. Dosen

Lulusan ilmu gizi juga dapat berkarier sebagai dosen. Namun, untuk menjadi dosen, setelah lulus S1 harus mau melanjutkan kuliah lagi hingga S2.

5. Pengusaha

Prospek kerja lainnya bagi lulusan Ilmu Gizi adalah menjadi seorang pengusaha. Sebagai seorang yang berkecimpung di ilmu gizi juga dapat membangun usahanya sendiri.

Prospek kerjanya yang cukup luas ini membuat jurusan Ilmu Gizi banyak diminati para calon mahasiswa baru. Bagi kamu yang tertarik memilih jurusan Ilmu Gizi, ada beberapa PTN yang menyediakan jurusan ini.

Baca juga: Videonya Viral, Warga Maluku Tangisi Kepulangan Mahasiswa KKN UGM

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com