Kompas.com - 19/08/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi upaya Kapolda Nusa Tenggara Barat dan Ketua Bhayangkari Wilayah Nusa Tenggara Barat dalam meluncurkan Sekolah Satu Atap (Satap), Anjungan Cerdas Bhayangkari Cendekia, di Teluk Gok, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, pada Senin (15/8/2022).

“Atas nama Kemendikbudristek, saya sangat mengapresiasi atensi Pak Kapolda NTB dan Ibu Ketua Bhayangkari dalam menginisiasi pembangunan sekolah ini,” ungkap Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbudristek, Chatarina M. Girsang, dilansir dari laman Kemendikbud, pada Kamis (18/8/2022).

Chatarina menyampaikan bahwa peluncuran Satap oleh Kapolda dan keluarga besar Bhayangkari NTB tersebut menjadi wujud nyata dukungan pendidikan bagi anak-anak di wilayah kepulauan dan terpencil. Mereka bersinergi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Baca juga: Mendikbud Ristek: Siswa di NTB Semangat Ikuti PTM Terbatas

Kemendikbudristek beri bantuan

Pada kesempatan berharga tersebut, Kemendikbudristek menyerahkan bantuan kepada Satap Anjungan Cerdas Bhayangkari Cendekia. Bantuan tersebut berupa peralatan teknologi informasi dan komunikasi Chromebook untuk menunjang pembelajaran jarak jauh.

Chatarina menegaskan bahwa pendidikan dari jenjang PAUD, pendidikan dasar, dan menengah menjadi hal yang sangat penting bagi anak-anak di wilayah-wilayah kepulauan NTB.

“Hal ini harus menjadi perhatian bersama dan sinergi kita. Kemendikbudristek tidak bisa bekerja sendiri, tapi harus bergandengan tangan dengan berbagai pihak, termasuk dari aparat hukum dalam membangun dunia pendidikan,” pungkasnya.

Baca juga: Upaya Mahasiswa Terangi Dusun Terpencil dengan Panel Surya

Maka, bantuan yang diberikan oleh Kemendikbudristek sebagai bentuk dukungan agar mereka yang berada di wilayah terpencil memperoleh akses pendidikan yang lebih luas.

“Tanpa bantuan teknologi informasi, sulit menjangkau semuanya. Keterbatasan jumlah guru, keterbatasan jumlah sarpras akan terbantu dengan peralatan TIK,” tambahnya.

Kepala BPMP NTB serahkan bantuan awal

Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi NTB (BPMP NTB), Muh. Irfan, selaku wakil Kemendikbudristek juga menyerahkan bantuan kepada sekolah Anjungan Cerdas Bhayangkari Cendekia. Bantuan yang diberikan yakni seperangkat chromebook yang diperuntukkan.

Irfan sendiri mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bantuan awal, maka mereka akan memberikan bantuan-bantuan lainnya di kemudian hari.

Penerimaan bantuan awal berupa seperangkat chromebook dari Kepala BPMP NTB dok.Kemendikbudristek Penerimaan bantuan awal berupa seperangkat chromebook dari Kepala BPMP NTB

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.