Kompas.com - 18/08/2022, 16:09 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) bersama Daewoong Foundation (DF) meresmikan Laboraturium Bioanalitik UI-DF pada Selasa (16/8/2022).

Laboraturium ini dilengkapi dengan berbagai instrumen canggih yang dapat mendukung analisis biologi, kimia, dan pelengkap lainnya di bidang kesehatan, farmasi, biofarmasi, dan bioteknologi.

Baca juga: Lewat Pengabdian Masyarakat, UI Bantu Persoalan Negara yang Kompleks

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro mengatakan, kolaborasi dengan Daewoong Group ini mencerminkan komitmen UI untuk selalu berupaya menjadi institusi akademik yang unggul dan sebagai kontributor signifikan bagi perkembangan teknologi global melalui penelitian dan inovasi, terutama dalam produk farmasi dan kesehatan.

"Di laboratorium bioanalitik ini, kami akan menciptakan hasil penelitian yang luar biasa untuk berkontribusi pada pengembangan industri biofarmasi dalam negeri dan selanjutnya menjadikannya contoh model kerja sama yang sukses antara Indonesia dan Korea," kata Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro dalam keterangan resminya, Kamis (18/08/22).

Laboratorium, kata dia, akan digunakan untuk menganalisis produk obat-obatan protein biologis, medis, dan rekombinan dengan berbagai peralatan analisis yang mutakhir.

Selain itu, untuk menghidupkan kembali penelitian bidang bioteknologi di Indonesia dan berkontribusi dalam membina bio-talenta dengan melakukan penelitian di fasilitas terbaik.

Tak lupa, laboratorium Bioanalitik UI-DF dapat digunakan dalam berbagai penelitian kolaboratif untuk organisasi nirlaba, lembaga pemerintah, dan swasta yang membutuhkan penelitian terkait.

Dia menambahkan, kerja sama UI dengan Daewoong Group telah dimulai sejak 2013, yakni dengan mengadakan beasiswa dan program pendidikan bagi banyak mahasiswa UI berprestasi.

Baca juga: Mahasiswa Lakukan Perpeloncoan, Rektor Undip: Saya Langsung Drop Out

Terbukti dengan berbagai penyelengaraan program pelatihan dan beasiswa senilai Rp 6,9 miliar kepada sekitar 530 mahasiswa UI, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), hingga Universitas Padjajaran (Unpad).

"Selama bertahun-tahun, kami telah berhasil mengembangkan kemitraan dengan mempromosikan berbagai kegiatan penelitian," jelas dia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.