Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2022, 13:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kantor Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan penandatanganan tiga nota kesepahaman atau MOU (memorandum of understanding) sekaligus pada Senin, 15 Agustus 2022.

Nota kesepahaman dilakukan antara UNJ dan Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati, Himpunan Pembawa Acara Pernikahan Indonesia (HIPAPI), dan Himpunan Perusahaan Penata Acara Pernikahan Indonesia (HASTANA).

Totok Bintoro, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja sama menjelaskan, kerja sama ini bertujuan mengembangkan sumber daya manusia dan pemanfaatan aset-aset yang ada di UNJ.

"MoU yang direncanakan dengan tiga himpunan ini baru terealisasi dengan 2 himpunan yaitu HARPI Melati dan HIPAPI," ujar Totok Bintoro

“Semoga apa yang kita rencanakan dan laksanakan hari ini selalu diberi keridhaan Allah, terutama untuk kemajuan kedua belah pihak,” harap Totok Bintoro.

Pada kesempatan sama, Prof. Komarudin Rektor UNJ menilai, MoU dengan tiga institusi sekaligus HARPI Melati, HIPAPI, dan HASTANA ini sangat bagus dan dapat mendukung prodi terkait di UNJ.

Prof. Komarudin juga menjelaskan, MoU dengan tiga institusi mitra kerja ini menjadi sangat penting karena terkait dengan beberapa alasan di antaranya UNJ yang akan akan naik kelas menjadi PTN-BH (perguruan tinggi negeri badan hukum).

Selain itu kerja sama ini menjadi strategis terkait dengan pemanfaatan aset yang layak antar berbagai event, sangat dibutuhkan, serta untuk pengembangan SDM karena UNJ memiliki program studi (prodi) Tata Rias, Tata boga, Humas dan Pariwisata.

“Kami percaya bahwa ruang lingkup kerja sama yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman ini dapat memberi kontribusi nyata bagi tugas dan fungsi masing-masing pihak," ujar Rektor UNJ.

"Lingkup kerja sama tersebut meliputi pengembangan SDM, khususnya dalam profesi tata rias pengantin, tata laksana acara resepsi pernikahan termasuk profesi Pewara," lanjut Prof. Komarudin.

Baca juga: Awali Kerja Sama dengan University of California Barkeley, Universitas Pancasila Gelar Seminar

Ia menambahkan, kegiatan tersebut dapat dilaksanakan melalui tiga jalur utama Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Respons positif asosiasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com