Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Taruna Akmil? Ini Penjelasan Berikut Cara Daftarnya

Kompas.com - 16/08/2022, 08:50 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi Taruna Akmil tentu suatu kebanggaan tersendiri. Tapi, apa itu Taruna Akmil? Apakah siswa yang masih sekolah ingin menjadi Taruna Akmil?

Bagi yang bercita-cita menjadi tentara tentu ingin masuk sekolah tentara. Apalagi bisa menjadi seorang perwira. Tentu masa depannya akan cerah.

Melansir laman SMA Dwiwarna Bogor Jawa Barat, dari laman tersebut coba menjelaskan apa itu Taruna Akmil. Info bagi siswa yang tertarik masuk pendidikan kedinasan di Akademi Militer Magelang.

Siswa-siswa tersebut dikenal sebagai taruna dan akan menjalani pendidikan sebagai calon perwira TNI Angkatan Darat (AD) selama 4 tahun.

Baca juga: Ini Cara Daftar Akmil 2022 bagi Lulusan SMA/MA

Akmil adalah singkatan dari Akademi Militer yang merupakan tempat pendidikan bagi lulusan SMA/sederajat yang berminat menjadi perwira TNI AD.

Akademi Militer bertempat di Kota Magelang, Jawa Tengah dan merupakan lembaga pendidikan kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan RI.

Apa itu Taruna Akmil?

Info bagi siswa atau masyarakat, Taruna Akademi Militer atau bisa disingkat Akmil adalah siswa yang menjalani pendidikan kedinasan selama 4 tahun.

Usai lulus mereka akan menjadi perwira TNI AD berpangkat Letnan Dua (Letda). Para taruna akan menempuh pendidikan yang setara dengan Diploma 4 dan akan menyandang gelar Sarjana Terapan (S.Tr).

Gelar yang berhak disandang tersebut menunjukkan bahwa kualifikasi akademis taruna Akmil setelah lulus setara dengan lulusan Strata 1 (S1).

Selama mengikuti pendidikan di Akmil para Taruna akan mendapatkan berbagai macam pelatihan fisik dan pemberian materi sebagai bekal untuk menjadi prajurit TNI yang tangguh dan memegang Sapta Marga.

Baca juga: Ingin Kuliah di Kampus Militer AAU? Ini Visi, Misi dan Sistem Pendidikannya

Saat ikut pendidikan 4 tahun tersebut para Taruna juga akan diberikan pangkat sesuai jenjangnya. Pangkat yang diberikan diantaranya adalah:

Prajurit Taruna (Pratar) dan Kopral Taruna (Koptar) ketika berada tingkat 1 atau tahun pertama pendidikan.

Sersan Taruna (Sertar) diberikan kepada taruna yang telah menyelesaikan jenjang pertama dan duduk di tingkat 2 atau tahun kedua pendidikan di Akmil.

Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar) adalah pangkat Taruna Akmil yang telah menjalani pendidikan pada tahun ketiga atau tingkat 3.

Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar) diberikan kepada Taruna yang telah berada di tingkat 4 atau memasuki tahun terakhir pendidikannya.

Nantinya, usai menyelesaikan pendidikan di tingkat 4 atau tingkat terakhir di Akmil, maka Taruna akan dilantik oleh Presiden sebagai Perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) dengan pangkat Letnan Dua (Letda). Kemudian para perwira tersebut akan bekerja sesuai penempatan dan kecabangan masing-masing.

Baca juga: Kamuspusdirla: 779 Taruna Akademi TNI Cerminan Pahlawan Masa Kini

Cara daftar Taruna Akmil

Jadi, jika kamu sudah paham apa itu Taruna Akmil dan profil Akademi Militer serta tertarik untuk mendaftarkan diri, berikut ini cara daftar Taruna Akmil.

  • Kamu bisa mendaftarkan diri secara online melalui laman resmi penerimaan calon taruna pada alamat http://rekrutmen-tni.mil.id sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.
  • Cetak formulir pendaftaran online yang kamu unduh dari website di atas dan pastikan semua data sudah diisi dengan benar.
  • Persiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran.
  • Datang langsung ke Ajendam atau Ajenrem terdekat di kota kamu untuk melakukan daftar ulang sesuai tanggal yang telah ditentukan.
  • Mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti tahapan seleksi.
  • Ikuti tes dan seleksi catar sesuai jadwal yang ditentukan oleh Panda masing-masing.
  • Selama proses seleksi berlangsung tidak ada pungutan ataupun biaya apapun yang dibebankan kepada calon Taruna.

Baca juga: 13 SMA Terbaik di Magelang Versi LTMPT 2020, Ada SMA Taruna Nusantara

Catatan:

Hanya saja, untuk angkatan tahun ini pendaftaran Taruna Akmil 2022 sudah ditutup. Jadi, kamu yang ingin menjadi Taruna Akmil bisa mempersiapkan diri untuk mendaftar tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com