Kompas.com - 16/08/2022, 08:50 WIB
|

KOMPAS.com - Menjadi Taruna Akmil tentu suatu kebanggaan tersendiri. Tapi, apa itu Taruna Akmil? Apakah siswa yang masih sekolah ingin menjadi Taruna Akmil?

Bagi yang bercita-cita menjadi tentara tentu ingin masuk sekolah tentara. Apalagi bisa menjadi seorang perwira. Tentu masa depannya akan cerah.

Melansir laman SMA Dwiwarna Bogor Jawa Barat, dari laman tersebut coba menjelaskan apa itu Taruna Akmil. Info bagi siswa yang tertarik masuk pendidikan kedinasan di Akademi Militer Magelang.

Siswa-siswa tersebut dikenal sebagai taruna dan akan menjalani pendidikan sebagai calon perwira TNI Angkatan Darat (AD) selama 4 tahun.

Baca juga: Ini Cara Daftar Akmil 2022 bagi Lulusan SMA/MA

Akmil adalah singkatan dari Akademi Militer yang merupakan tempat pendidikan bagi lulusan SMA/sederajat yang berminat menjadi perwira TNI AD.

Akademi Militer bertempat di Kota Magelang, Jawa Tengah dan merupakan lembaga pendidikan kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan RI.

Apa itu Taruna Akmil?

Info bagi siswa atau masyarakat, Taruna Akademi Militer atau bisa disingkat Akmil adalah siswa yang menjalani pendidikan kedinasan selama 4 tahun.

Usai lulus mereka akan menjadi perwira TNI AD berpangkat Letnan Dua (Letda). Para taruna akan menempuh pendidikan yang setara dengan Diploma 4 dan akan menyandang gelar Sarjana Terapan (S.Tr).

Gelar yang berhak disandang tersebut menunjukkan bahwa kualifikasi akademis taruna Akmil setelah lulus setara dengan lulusan Strata 1 (S1).

Selama mengikuti pendidikan di Akmil para Taruna akan mendapatkan berbagai macam pelatihan fisik dan pemberian materi sebagai bekal untuk menjadi prajurit TNI yang tangguh dan memegang Sapta Marga.

Baca juga: Ingin Kuliah di Kampus Militer AAU? Ini Visi, Misi dan Sistem Pendidikannya

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.