Kompas.com - 15/08/2022, 08:13 WIB
|

KOMPAS.com - Kini, internalisasi nilai Pancasila perlu dilakukan sejak dini dengan strategi yang tepat. Salah satunya dimulai sejak siswa duduk di bangku SD.

Untuk itulah, guru SD juga perlu mendapat pelatihan terkait internalisasi nilai Pancasila. Tujuannya, siswa SD sudah mengenal dengan profil pelajar Pancasila.

Terkait hal itu, dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan pelatihan internalisasi nilai Pancasila bagi guru sekolah dasar (SD) di Kabupaten Magetan.

Baca juga: Nilai-nilai yang Terkandung dalam Pancasila, Info bagi Siswa

Acara yang digelar di Aula SMPN 1 Magetan, awal Juli 2022, itu menghadirkan narasumber Dr. Harmanto, M.Pd., Dosen Pendidikan Kewarganegaraan Unesa.

Menurutnya, para guru yang terlibat merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah dasar baik yang negeri maupun swasta.

"Pelatihan ini penting untuk menyiapkan guru agar semakin lihai dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di sekolahnya. Ini kan anak-anak SD yang tentunya perlu perlakuan yang tepat," ujarnya dikutip dari laman Unesa, Minggu (14/8/2022).

Fokus lewat kegiatan ekstrakurikuler

Adapun pelatihan dilaksanakan secara langsung yang didasarkan pada pembelajaran dan budaya sekolah. Kemudian ditindaklanjuti dengan kegiatan asynchronous.

Mula-mula peserta mengikuti sesi materi tentang nilai Pancasila, pengertian, urgensi, dan strategi internalisasi sejak dini. Setelah itu, para guru langsung praktik secara mandiri yang tentunya melalui pendampingan.

Baca juga: Siswa, Ini Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

"Ada beberapa cara internalisasi nilai Pancasila di sekolah. Namun, yang kita fokuskan untuk kali ini yaitu lewat kegiatan ekstrakurikulernya," imbuhnya.

Dijelaskan, kegiatan ekstrakurikuler memiliki fungsi untuk:

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.