Kompas.com - 13/08/2022, 11:57 WIB

KOMPAS.com - Eduversal Foundation kembali menggelar Eduversal Mathematic Competition atau EMC 2022. EMC merupakan kompetisi matematika daring tingkat nasional dan menjadi penyelenggaraan tahun keempat.

Dalam seremoni pembukaan EMC 2022 yang diadakan secara daring pada Sabtu, 13 Agustus 2022, Dwi Prajitno Wibowo, Perwakilan Eduversal Foundation menjelaskan, "Healing with Math" yang dipilih menjadi tema EMC 2022 memiliki dua makna.

Makna pertama terkait sejalan dengan semangat pemulihan terkait bangkit pascapandemi global Covid-19.

Makna lain sejalan dengan makna "healing" di kalangan generasi milenial di mana matematika diharapkan dapat menjadi pilihan aktifitas bagi generasi muda untuk menghilangkan kepenatan atau kejenuhan.

"Healing ternyata dapat dilakukan dengan matematika. Inilah yang hendak Eduversal tunjukan melalui berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan dalam EMC," ungkap Dwi.

Dalam kesempatan tersebut, Dwi menyampaikan peserta peminat EMC selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tahun 2019 EMC diikuti 3.200 siswa, tahun 2020 peserta mencapai 4.097 siswa dari 831 sekolah.

"Kemudian tahun 2021, EMC ketiga dilakukan secara online hampir diangka 4.500 siswa dari 1.264 sekolah yang hadir. Dan tahun ini di EMC 2022 kita akan menerapkan sistem daring dan luring," ungkap Dwi.

Dwi berharap ajang EMC dapat menjadi wadah siswa dalam mengukir prestasi dan berkompetisi di tingkat nasional. Ia menjelaskan bagi pemenang selain mendapatkan hadiah lomba juga mendapat kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari sekolah mitra Eduversal.

Baca juga: 12 Mahasiswa Wakili Indonesia di Kompetisi Matematika Dunia 2022

Keistimewaan EMC 2022

Angga Yuda Pratama, influencer dan kreator konten pendidikan, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan EMC 2022. "Beberapa skill yang kita butuhkan di abad 21 adalah berpikir kritis dan berpikir kreatif. Dan itu bisa kita dapatkan melalui matematika," ungkap Angga.

Ia menjelaskan, melalui EMC 2022 para siswa tidak hanya mengetahui kemampuan matematika namun akan juga mendapatkan "rapor" individual siswa sehingga siswa akan mendapatkan laporan dari kemampuan matematika yang dimilikinya saat ini.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.