Kompas.com - 12/08/2022, 21:29 WIB

 

KOMPAS.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, pihaknya akan terus mendorong dan memastikan ekosistem teknologi pendidikan dapat terus berjalan.

Selain itu, lanjut dia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga akan terus mendorong lahirnya inovasi ekosistem teknologi, baik dalam pembelajaran maupun administrasi pendidikan.

Nadiem menjelaskan, digitalisasi pendidikan kini mulai terbentuk untuk mendukung pembelajaran dan tata kelola pendidikan di sekolah dan lembaga di bawah Kemendikbud Ristek. 

”Bukan saja untuk mengakselerasi transformasi pendidikan, melainkan melompat ke masa depan,” katanya seperti dimuat dalam laman kemdikbud.go.id, Kamis (11/8/2022).

Pernyataan itu dia sampaikan dalam webinar peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di lingkungan Kemendikbud Ristek bertajuk ”Transformasi dan Inovasi Pendidikan melalui Teknologi” di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Peringati Hakteknas 2022, Nadiem Komitmen Dorong Inovasi Ekosistem Teknologi Kemendikbud Ristek

Nadiem menegaskan, keberanian, kolaborasi, dan kerja nyata merupakan tiga kata kunci bagaimana teknologi merasuk dalam dunia pendidikan.

“Saya berharap platform-platform yang telah dibuat (Kemendikbud Ristek) dapat menghasilkan begitu banyak karya, inovasi, dan kepercayaan diri pada dosen, guru, murid, dan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berani tampil, berani mencoba hal baru, berani gagal. Hanya dengan cara itu kita bisa berani sukses,” imbuhnya

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbud Ristek Nizam yang juga hadir di acara itu menambahkan, kesadaran memanfaatkan teknologi semakin terasa semenjak pandemi Covid-19.

Dia menyebutkan, semua pihak tidak boleh hanya menjadi pengguna, tetapi juga harus menjadi bagian dari pencipta teknologi.

Baca juga: Nadiem Makarim Dorong Universitas Punya Dana Abadi, Ini Manfaatnya

“Ini yang kami dorong di perguruan tinggi. Saya melihat energi kreativitas, kolaborasi, dan mewujudkan teknologi dari teman-teman di kampus, baik di universitas dan politeknik, itu luar biasa sekali,” ucapnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.