Kompas.com - 12/08/2022, 16:47 WIB

KOMPAS.com - Di depan ribuan mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) angkatan 2022, Najwa Shihab yang merupakan alumni Fakultas Hukum UI mengatakan bahwa selain belajar, mahasiswa juga harus menjadi penjaga moral bangsa.

“Selain belajar, haus dan terus dahaga terhadap ilmu, mahasiswa juga harus menjadi penjaga moral bangsa ini. Mahasiswa harus bisa bergerak dan gerakannya harus berdampak. Mahasiswa harus mau turun mendengarkan apa yang menjadi keseharian dan kegelisahan orang banyak," papar Najwa dengan mengenakan jaket kuning UI pada hari ketiga Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UI, Rabu (10/8/2022), dilansir dari laman Universitas Indonesia.

Najwa mengatakan, mahasiswa UI harus mampu menjadi inisiator perubahan, terutama pada bidang sosial dan politik.

Baca juga: Tanoto Foundation Buka Beasiswa S1, Beri Biaya Kuliah hingga Uang Saku

Menurutnya, hal utama yang harus ada dalam diri seorang mahasiswa adalah kepedulian dan kesadaran kritis.

“Diskusi, cari tahu apa yang penting, kemudian lantangkan suara jika kemudian melihat sesuatu yang tidak sesuai,” katanya.

Dalam pemaparannya, Najwa juga mengutip pesan dari seorang negarawan dan ekonom Indonesia, Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama, H. Mohammad Hatta yang berbunyi “makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekadar nama dan gambar seuntaian pulau di peta."

Dari pesan tersebut, Najwa berharap, peduli dan bersatu adalah salah satu kunci yang harus ada dalam diri mahasiswa.

“Cari terus keresahan-keresahan kalian. Jangan tepikan keresahan itu, justru harus terus menerus resah. Peduli dan bersatu itu adalah kuncinya, adik-adik. Karena, maba itu adalah singkatan dari manusia yang bertanya-tanya. Mari resah berjamaah dan mari menggunakan keresahan itu untuk mengambil tindakan. Mahasiswa harus terus bergerak, berkarya, dan berdampak,” ujar Najwa.

Baca juga: Mahasiswa S1 Butuh Biaya Kuliah? Segera Daftar Beasiswa Grab 2022

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset, Prof. Dedi Priadi menyampaikan ucapan selamat sekaligus memberikan nasihat bagi mahasiswa baru UI.

“Pertama, manfaatkan waktu untuk mengembangkan diri, ada begitu banyak wadah di Universitas Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dan mengasah nalar kritis. Kedua, manfaatkan fasilitas-fasilitas terbaik yang sudah kami sediakan," ujarnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.