Kompas.com - 11/08/2022, 10:26 WIB

KOMPAS.com - Ajang Kompetisi Internasional bergengsi International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34 menjadi kebanggaan bagi para peserta asal Indonesia.

Kota Pelajar, Yogyakarta menjadi panggung salah satu olimpiade tertua ke-4 tersebut yang berlangsung pada 7—15 Agustus 2022.

Pada kompetisi IOI tahun ini, Indonesia mengundang seluruh peserta melakukan ekskursi ke berbagai tujuan wisata dan atraksi budaya.

“Selain melaksanakan kontes dan pertemuan general assembly, seluruh peserta juga akan diundang untuk melakukan ekskursi ke berbagai tujuan wisata dan atraksi budaya di seputar Yogyakarta dan diselenggarakan malam budaya di Candi Borobudur,” ujar Sekretaris Jenderal, Suharti (9/8/2022) dalam sambutannya dilansir dari laman Kemndikbudristek.

Baca juga: Beasiswa BRI 2022 bagi Mahasiswa S1, Biaya Kuliah hingga Peluang Kerja

Siswa Indonesia optimis raih medali emas

“Saya bangga Indonesia menjadi tuan rumah IOI tahun ini, Indonesia dapat mengenalkan peran Indonesia dalam dunia digital sekaligus mengenalkan kultur di Indonesia,” tutur Matthew Allan dari SMA Kanisius Jakarta, salah peserta asal Indonesia.

Senada dengan itu, Andrew dari SMA S Sutomo 1 Medan menambahkan bahwa sejak bergabungnya Indonesia pada 1995, kali ini Indonesia dapat berkontribusi lebih selama IOI ketika menjadi tuan rumah.

“IOI merupakan kompetisi bergengsi di bidang Teknik Informatika, jadi, kita bangga bisa jadi tuan rumahnya," ujarnya.

Ternyata tak hanya tercipta kebanggaan saja, kepercayaan diri dalam berkompetisi juga meningkat ketika Indonesia menjadi tuan rumah.

“Kita harus lebih percaya diri, karena bertanding di rumah sendiri, tapi jangan terlalu berlebihan karena kita tidak tahu kemampuan peserta lainnya. Meskipun begitu, kita akan berjuang demi mengharumkan nama Indonesia,” jelas Andrew.

Baca juga: Mahasiswa S1 Butuh Biaya Kuliah? Segera Daftar Beasiswa Grab 2022

Menjelang HUT Republik Indonesia ke-77, tim Indonesia optimis akan menyabet medali sebagai kado untuk Indonesia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.