Kompas.com - 08/08/2022, 15:39 WIB
|

KOMPAS.com - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur dalam waktu dekat akan mulai dibangun.

Terkait IKN, ada 5 mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang merancang konsep gagasan futuristik terkait pembangunan dome pertanian.

Tentu hal ini sebagai salah satu upaya pengembangan sektor agrokompleks di Ibu Kota Nusantara (IKN) bernama SMART-AGRODOME.

Adapun kelima mahasiswa UB itu ialah Christoforus Kalo Bello Puyanggana (FP 2019), Edwin Setiawan (FP 2019), Qonita (FP 2020), Farel Jonas Soplanit (FP 2020), dan Adrian Adam Indrabayu (FT 2019).

Baca juga: Dosen FK UB: Ini Penanganan dan Cara Mencegah Cacar Monyet

Menurut Christoforus, ketua tim proyek gagasan, IKN di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur merupakan daerah yang mayoritas terdiri dari lahan gambut.

Hal ini menyebabkan beberapa jenis tanaman sulit untuk tumbuh mengakibatkan masyarakat di daerah Kalimantan Timur masih harus mengimpor sayur dari daerah lain untuk memenuhi kebutuhan yang ada.

Karenanya, untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu solusi berkelanjutan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di IKN melalui pembangunan dome futuristik yang dapat memanipulasi kondisi lingkungan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman Olerikultura.

Selain itu, sistem pengendalian iklim mikro diatur untuk melibatkan peran manusia sesuai dengan konsep Society 5.0.

Dijelaskan, SMART-AGRODOME memiliki bangunan yang terdiri dari 5 lantai. Yaitu lantai 1 merupakan ruang resepsionis, lantai 2 merupakan ruang Aquaponik, lantai 3 merupakan ruang Aeroponik.

Baca juga: Tips Mengatasi Anak Susah Makan, Info Prodi Gizi UB

Lantai 1 ruang bawah tanah 1 yang diisi oleh kandang sapi, serta lantai 2 ruang bawah tanah digunakan sebagai mikrokontroller dan gudang.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.