Kompas.com - 08/08/2022, 13:22 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com – Profesi fotografer sudah tak asing di telinga kita semua. Mereka adalah orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun alat fotografi lainnya.

Bahkan, mereka memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya.

Baca juga: Sosok Michael Agung, Lulus Kuliah dari ITB dengan Nilai IPK 3,99

Kalian perlu tahu, siapa saja bisa menjadi seorang fotografer, khususnya mahasiswa yang ingin mengembangkan minatnya setelah lulus dari bangku kuliah.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa menjadi fotografer yang handal?

Berikut cara yang bisa dilakukan mahasiswa atau siapa saja bila ingin menjadi fotografer, cara itu datang dari Bunyamin Muhamad Wari. Bunyamin sendiri sudah cukup dikenal di kalangan fotografer landscape Indonesia, karena prestasinya.

Menurut dia, memang ada orang yang menganggap fotografer adalah sebuah profesi yang mudah. Padahal profesi fotografer sebenarnya, yakni membutuhkan banyak keterampilan dan kesabaran.

Seorang fotografer, kata dia, juga harus selalu belajar agar karyanya semakin berkembang. Tak lupa, harus menguasai tools dan gear yang digunakan, memahami aplikasi-aplikasi terbaru yang berhubungan dengan photo trip, seperti perkiraan cuaca, perkiraan air laut dan bintang.

“Namun dari semua itu, paling yang terpenting untuk jadi fotografer adalah terus mencoba dan terus belajar,” kata dia dalam keterangannya, Senin (8/8/2022).

Fotografer Bunyamin Wari saat mengabadikan kameranya di suatu bukit dan pegunungan.DOK. Bunyamin Wari Fotografer Bunyamin Wari saat mengabadikan kameranya di suatu bukit dan pegunungan.

Jadi fotografer harus mengikuti perkembangan teknologi

Pria kelahiran Gresik ini juga selalu mengikuti perkembangan teknologi, agar menjadi fotografer yang disegani oleh penikmat photo. Sebab. jika tidak mengikuti perkembangan teknologi, seorang fotografer akan kurang berkembang dan tertindas zaman.

Baca juga: Psikolog UGM: Ini 5 Macam Pola Pengasuhan Anak dalam Keluarga

"Bagi saya, profesi fotografer harus selalu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Jika kita tidak mengikuti perkembangan dunia informatika, maka akan terlindas zaman. Di era digital seperti sekarang ini hal tersebut sangat penting," ucap pria yang biasa disapa Beny ini.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.