Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UT dan AIOU Pakistan Tingkatkan Kerja Sama Universitas Terbuka di Kancah Global

Kompas.com - 02/08/2022, 16:15 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka menjalin kerja sama strategis dengan Allama Iqbal Open
University (AIOU) Pakistan. Penandatanganan kerja sama dilakukan antara Rektor UT Prof. Ojat Darojat dan Vice Chancellor AIOU Prof. Zia Ul-Qayyum pada 1 Agustus 2022 di UT Convention Center, Pondok Cabe Tangerang Selatan.

Sebagai informasi, AIOU adalah universitas terbuka negeri di Pakistan dan merupakan institusi pendidikan tinggi terbesar kedua di dunia dengan jumlah mahasiswa rata-rata sebanyak 1,2 juta per tahun.

Sama seperti UT, AIOU juga menerapkan sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) dengan memiliki 44 kampus di berbagai daerah di Pakistan.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat menjelaskan, kerja sama dengan UIOU Pakistan akan melingkupi berbagai isu strategis terkait pengembangan pembelajaran jarak jauh; mulai dari joint program studi hingga pengadaan konten pembelajaran secara global.

"Agar UT yang mencanangkan visinya sebagai universitas kelas dunia dapat go global. Harapan kami UT dapat menjadi pilihan bukan saja bagi masyarakat Indonesia namun juga masyakat dunia, baik tingkat ASEAN, Asia dan juga global," tegas Prof. Ojat.

Rektor UT juga menyampaikan dengan jumlah mahasiswa mencapai 1,2 juta setiap tahun menjadi praktik baik bagaimana AIOU dapat mengelola mahasiswa dalam jumlah banyak dan tersebar luas.

Dalam kesempatan sama, Prof. Zia dari AIOU menjelaskan kedua pihak dapat belajar dari kekuatan yang dimiliki masing-masing universitas terbuka.

"Mahasiswa akan mendapatkan benefit dari pembelajaran berbasis teknologi yang baru, dan para dosen dapat melakukan joint research. Inisiatif ini akan mendorong kolaborasi yang memberikan keuntungan bagi mahasiswa dan pastinya bagi dunia pendidikan," ungkap Prof. Zia.

Lebih jauh Prof. Zia menjelaskan, model pendidikan dengan metode pembelajaran jarak jauh yang tidak terikat ruang dan waktu perlu diimbangi dengan menjaga kualitas pembelajaran tersebut.

Baca juga: Ini 9 Strategi Membaca Intensif dalam Pembelajaran

"Jumlah mahasiswa sebagai target KPI yang besar hanya akan tercapai dengan kualitas pembelajaran yang baik. Masa pandemi telah mendorong masyarakat melihat dan meyakini model pembelajaran jarak jauh memiliki kualitas yang tidak kalah dengan universitas konvensional," ungkap Prof. Zia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com