Kompas.com - 02/08/2022, 12:59 WIB
|

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan di luar negeri tentu jadi impian siapa saja. Apalagi yang ingin mengembangkan kariernya, seperti di Eropa.

Terkait hal itu, Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni (DKHA) IPB University menggelar Diaspora Talk VI, dengan mengulas tema “Ayo ke Eropa”, Sabtu (30/7/2022).

Adapun narasumbernya ialah alumni IPB University dan sudah banyak berkiprah di Eropa. Seperti Arief Rachman, alumnus IPB University dari Departemen Teknologi Industri Pertanian.

Ia menjelaskan terkait tantangan dan peluang bidang pertanian di Uni Eropa (UE). Meskipun UE menerapkan kebijakan pertanian yang terkesan proteksionisme dan diskriminatif, namun prinsip right to information access tetap dijalankan melalui kanal websitenya.

Baca juga: Mahasiswa Baru UGM Ini Dinyatakan Berasal dari Pulau Terjauh

Potensi pasar tenaga kerja pertanian terbuka luas

Oleh karena itu, pebisnis pertanian yang memasang target ke UE harus tunduk pada peraturan yang ada.

"Perlu komitmen diri dan fokus untuk mencapai target pasar UE, khususnya terkait kualitas kuantitas dan kontinuitas," ujarnya dikutip dari laman IPB.

Arief yang kini menjabat sebagai Atase Pertanian Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Brussels, Belgia tersebut juga mengatakan, potensi pasar tenaga kerja pertanian di wilayah UE masih terbuka luas.

Bahkan membutuhkan berbagai persiapan bagi talent-talent muda pertanian. "Perlu adanya shifting mind untuk menjadi diaspora karena sudah menjadi bagian dari mata rantai ekspor kita, hal ini menjadi penentu bagi kesejahteraan petani," jelasnya.

Tentunya, peluang mempromosikan bekerja di Eropa ini dalam rangka memperbanyak jumlah diaspora di wilayah Eropa. Dengan demikian, dapat memperluas pengenalan dan akulturasi budaya Indonesia di Eropa.

Baca juga: Mahasiswa Itera Inovasi Filter Air Bersih Berbahan Limbah

Narsumber lain, Eduwin Pakpahan, PhD., alumnus IPB University dari Departemen Statistika turut berbagi pengalaman meniti karier akademik di Inggris.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.