Kompas.com - 02/08/2022, 12:55 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof. Fathur Rokhman mengukuhkan dua guru besar baru yang bertempat di gedung Auditorium Unnes pada Selasa (2/8/2022).

Kedua profesor yang dikukuhkan tersebut, yaitu Prof. Noor Aini Habibah yang menjadi guru besar dalam bidang Ilmu Jaringan Tumbuhan pada Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Prof. Nasuka yang menjadi guru besar dalam bidang Ilmu Kepelatihan Bola Voli pada Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

Baca juga: Kisah Haru Ibu Wakili Wisuda S1 di Unesa karena Anaknya Telah Tiada

Saat pengukuhan, Prof. Noor Aini Habibah memaparkan orasi ilmiahnya berujudul "Produksi Metabolit Sekunder dengan Teknik Kultur Jaringan Tumbuhan: Penelitian dan Prospeknya di Industri". Sedangkan Prof. Nasuka memaparkan orasi ilmiah dengan judul "Strategi Kemampuan dan Kepelatihan Bola Voli".

Prof. Fathur Rokhman mengatakan, pencapaian sebagai guru besar bukanlah hal mudah.

Untuk menuju profesor, kata dia, harus bekerja keras dan bekerja cerdas, serta memiliki kecintaan tinggi terhadap bidang yang digeluti.

"Saya selalu merasa bahagia dan bangga setiap kali memimpin pengukuhan profesor baru. Perasaan bahagia muncul karena saya tahu persis bahwa pencapaian sebagai profesor bukanlah hal mudah," kata dia melansir laman Unnes, Selasa (2/8/2022).

Menurut Prof. Fathur, bertambahnya guru besar baru berarti menambah pula pilar yang akan memperkukuh Unnes sebagai rumah ilmu pengembang peradaban unggul.

"Para guru besar adalah cendekia yang dengan pelita keilmuannya akan membawa Unnes memiliki kecemerlangan di berbagai bidang. Bagi Unnes tahun 2022 ibarat musim panen profesor," ucap dia.

Sepanjang 2022, sebut dia, Unnes sudah mengukuhkan 11 guru besar baru.

Baca juga: Sosok Michael Agung, Lulus Kuliah dari ITB dengan Nilai IPK 3,99

Sebelas guru besar itu berasal dari berbagai bidang ilmu yang menunjukkan bahwa distribusinya relatif merata.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.