Kompas.com - 29/07/2022, 13:59 WIB
|

KOMPAS.com - Selama ini, ban motor atau mobil menggunakan angin. Kelemahannya, ban tersebut bisa bocor atau kempis.

Namun, ada ban buatan asli Indonesia yang antibocor dan kempis. Ban itu adalah buatan Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) sudah berhasil mengembangkan teknologi bertitel 'Ban tanpa Udara'.

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kamis (28/7/2022), seperti namanya, ban ini tidak menggunakan udara sebagaimana umumnya ban yang ada selama ini.

Baca juga: Poltekad Ciptakan Roket, Perkuat Alutsista dan Lahirkan SDM Kompeten

Inovasi ini merupakan karya dari dosen Jurusan Teknik Otomotif Kendaraan Tempur Poltekad.

Tak hanya dikembangkan oleh produsen ban terkenal seperti Michelin, rupanya teknologi ban tanpa udara ini sudah mulai dipelajari oleh TNI AD (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat) sejak 2017 dan sudah melalui sejumlah pengujian di lapangan.

Keunggulan ban Poltekad

Adapun ban tanpa udara ini memiliki sejumlah keunggulan, yakni tahan terhadap tembakan senjata ringan menggunakan peluru kaliber 5,56 mm.

Yakni seperti yang dipakai di senapan serbu Pindad seri SS1 dan senapan serbu buatan AS, M16. Tidak hanya itu, ban tanpa udara ini juga tahan terhadap benda-benda tajam.

Tentunya, dengan kemampuan-kemampuan tersebut, membuat ban tanpa udara ini cukup efektif.

Baca juga: Poltekad Siapkan Teknologi Militer Terkini, Ada Robot Penembak Lawan

Apalagi saat digunakan di medan pertempuran karena tidak perlu khawatir ban akan bocor atau malah pecah seperti ban-ban dengan udara pada umumnya.

Ban tanpa udara ini akan digunakan pada kendaraan taktis angkatan darat. Spesifikasi pada ban tanpa udara ini memiliki diameter maksimal pada roda adalah 20 centimeter.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.