Kompas.com - 29/07/2022, 12:04 WIB
|

KOMPAS.com - Perkembangan anak tentu tak lepas dari peran seorang ibu. Selain diberi asupan makanan bergizi, anak juga harus diberi perhatian lebih.

Apalagi menyangkut produksi bahasa pada anak. Maka, variasi bahasa juga sangat berpengaruh dari orang terdekatnya yakni ibu.

Endah Mastuti, S.Psi., M.Si., Psikolog, Dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Airlangga (Unair), memberikan penjelasannya.

Baca juga: 4 Cara Menumbuhkan Jiwa Gotong Royong Anak Usia Dini

Menurutnya, semakin banyak waktu yang dihabiskan orang tua untuk melakukan kegiatan joint attention, maka semakin kaya kosakata yang dimiliki anak.

Orang dewasa, memiliki keterlibatan yang terbatas dalam pengajaran langsung mengenai bahasa, namun berperan penting untuk memfasilitasi penerimaan bahasa pada anak.

"Ibu adalah sosok yang sangat efektif dalam mengikut arah perhatian anak, kemudian bisa memberi label objek yang sedang diperhatikan oleh anak," ujar Endah dikutip dari laman Unair, Jumat (29/7/2022).

Pentingnya peran ibu

Dijelaskan, di dua tahun awal kehidupan anak, orang tua dapat berbicara terhadap anak dengan melabel benda dan kejadian, serta merespon komunikasi anak.

Demikian pula ketika perilaku komunikasi anak berkembang, ibu secara tidak sadar memodifikasi perilakunya. Sehingga bentuk komunikasi yang terjadi membutuhkan lebih banyak keterlibatan anak.

Pada pertengahan usia dua tahun, ibu dapat melabel dan meminta nama benda pada jumlah yang cukup berimbang, dan dialog pun mulai terbentuk.

Baca juga: Peringatan HAN 2022, Kemendikbud Sosialisasikan Lagu Anak Indonesia

Selain itu, ibu mulai membentuk bicara anak dengan lebih membedakan antara respon yang dapat diterima dan tidak dapat diterima.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.