Kompas.com - 26/07/2022, 06:56 WIB

KOMPAS.com - Bagi pasien yang akan menjalani operasi terencana, biasanya akan menjalani puasa sebelum operasi.

Hal ini dilakukan bukan tanpa tujuan. Puasa sebelum operasi ditujukan saat proses pembiusan dimulai. Sehingga lambung tidak dalam kondisi penuh saat proses pembiusan.

Menurut Dokter Rumah Sakit Airlangga (Unair) Bambang Pujo Semedi, saat dibius orang tidak sadar maka refleks-refleks yang memproteksi jalan napas hilang.

Baca juga: 7 Cara Ajarkan Sikap Empati pada Anak Sejak Dini

Puasa menjelang operasi cukup 2-6 jam saja

Sehingga cairan atau bahan-bahan yang ada di lambung tersebut bisa masuk di jalan napas dan hal itu bisa fatal akibatnya.

"Kita tahu lambung kita itu sangat asam dan kalau itu masuk ke jalan napas, masuk ke paru-paru maka itu akan mengakibatkan kerusakan yang berat pada paru-paru," terang dr Bambang seperti dikutip dari laman Unair, Selasa (26/7/2022).

Dosen spesialis anestesi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) ini mengungkapkan, puasa menjelang operasi ada tata caranya tersendiri berbeda dengan puasa pada umumnya yang biasa dijalankan masyarakat.

Lantas sebaiknya berapa jam puasa sebelum operasi dijalankan pasien? Bambang mengungkapkan, puasa menjelang operasi dilakukan 2-6 jam sebelum operasi dilakukan.

"Tidak disarankan puasa lama atau tidak makan dan minum seharian, itu justru akan berbahaya," tegasnya.

Baca juga: Intip 5 Kampus Swasta di Yogyakarta dan Akreditasinya

Tidak boleh puasa terlalu lama sebelum operasi

Bambang menyampaikan, orang yang akan menjalani operasi dapat puasa dari makanan padat seperti nasi dan daging 6 jam sebelum operasi dilakukan.

Namun pasien dapat minum air atau teh sampai 2 jam sebelum operasi berlangsung.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.