Kompas.com - 25/07/2022, 16:37 WIB

KOMPAS.com - Telkom University (Tel-U) menyatakan komitmen untuk menerapkan Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) guna meningkatkan sistem pendidikan yang lebih baik.

Hal tersebut dipaparkan oleh Rektor Tel-U, Prof. Adiwijaya dalam Workshop Awareness Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) yang berlangsung pada Jumat (22/7/2022). Workshop ini sekaligus menjadi peresmian komitmen implementasi OBE di Tel-U.

“Kita ingin Tel-U mampu mengemban tugas negara dengan terencana, untuk mencerdaskan generasi bangsa. Membangun bangsa ini perlu komitmen. Kurikulum OBE ini dibuat agar sistem pendidikan kita mencapai kompetensi yang diharapkan. Sebelum sistemnya terbentuk, kita perlu memahami dulu apa itu OBE, ketika sistem siap kita sudah bisa implementasi.” ungkap Adiwijaya dilansir dari Telkom University.

Baca juga: Daftar Kampus Swasta? Ini Cara Dapat KIP Kuliah PTS untuk Kuliah Gratis

Dijelaskan, Outcome-Based Education (OBE) adalah pendidikan yang berpusat pada outcome bukan hanya materi yang harus diselesaikan.

OBE mengukur hasil pembelajaran (Outcome) dan memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan baru yang mempersiapkan mereka pada level global.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dadan Rahadian menyampaikan agar Tel-U dapat memberikan service excellence bagi stakeholder khususnya mahasiswa, implementasi OBE ini dinilai satu langkah memberikan pelayanan terbaik dalam kegiatan pengajaran.

“Melalui workshop OBE ini, untuk memberikan awareness serta pemahaman yang merata bagi rekan-rekan pengajar. Implementasi OBE ini diharapkan dapat memberikan kepastian economic outcome bagi mahasiswa selaku stakeholder," ungkap Dadan.

"Pelayanan terbaik perlu kita berikan, salah satunya dengan mampu menyampaikan materi dengan kompetensi yang sesuai. Semoga apa yang rekan-rekan peroleh dari workshop ini, bisa bermanfaat,” imbuh dia.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Workshop implementasi OBE ini dihadiri oleh seluruh Ketua Program Studi (Kaprodi) dari 7 Fakultas yang ada di Telkom University.

Pada workshop ini, terdapat Pre-Test dan Post-Test pada awal dan akhir acara, untuk mengetahui knowledge yang diserap oleh para Kaprodi sebelum dan sesudah menerima materi terkait Konsep Dasar OBE dan Implementasi OBE di Tel-U.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.