Kompas.com - 25/07/2022, 15:02 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (UB) menganugerahkan gelar doktor kehormatan atau Honoris Causa (H.C) bidang Sosial Politik kepada Surya Dharma Paloh di Gedung Samantha Krida UB, pada Senin (25/7/2022).

Dekan FISIP UB, Dr. Sholih Mu’adi menuturkan, pemberian gelar Doktor Kehormatan kepada Surya Paloh merupakan yang pertama dilakukan FISIP UB.

Baca juga: Ahli Gizi UM Surabaya: Ini Bahayanya Tidak Sarapan Pagi

Oleh karena itu, penyematan gelar kehormatan dilakukan dengan penuh pertimbangan.

"Doktor Kehormatan diberikan kepada seseorang yang dianggap bukan saja memiliki jasa besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan melalui gagasannya, tapi juga karena seseorang tersebut memiliki tindakan atau jasa yang luar biasa bagi perkembangan kemajuan atau kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa Indonesia secara khusus dan umat manusia pada umumnya," ucap Sholih melansir laman UB.

Dia menyampaikan, terdapat empat pertimbangan untuk pengusulan gelar Doktor Kehormatan kepada Surya Paloh.

Pertama, Surya Paloh, sebagai tokoh yang telah berpengalaman di dunia pers dan media, telah terbukti berjasa dan berperan aktif dalam meneguhkan demokratisasi di Indonesia melalui inovasi di bidang pers dan media.

"Tindakannya ini mampu mendorong diseminasi informasi publik secara inklusif sehingga memungkinkan hadirnya ruang publik yang lebih egaliter bagi masyarakat luas," ucap dia.

Pertimbangan kedua adalah Surya Paloh menjadi salah satu pimpinan sebuah partai di Indonesia yang telah berjasa mendorong iklim politik kebangsaan lebih berintegritas, dengan memperkenalkan gagasan Restorasi Indonesia dan tradisi baru, yakni politik tanpa mahar.

Baca juga: Pakar Psikologi Unair: Ini 2 Kunci Jaga Keutuhan Keluarga

Alasan ketiga, yaitu Surya Paloh sudah membuktikan dedikasinya pada bidang kemanusiaan dan budaya yang ditunjukkan melalui misi penyelamatan WNI yang disandera kelompok militan di Filipina.

Sedangkan pertimbangan terakhir, karena sosok Surya Paloh secara sah telah diakui sebagai seorang negarawan oleh pemerintah, baik sebagai tokoh pers maupun seorang yang telah luar biasa berjasa di bidang jurnalistik, politik, budaya, dan kemanusiaan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.