Kompas.com - 25/07/2022, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Pembelajaran online selama pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu telah menyebabkan hilangnya kemampuan belajar siswa (learning loss).

Dari studi Bank Dunia tahun 2020 menunjukkan bahwa learning loss membuat siswa Indonesia kehilangan 9 bulan masa pembelajaran.

Sementara hasil studi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) tahun 2021, menemukan siswa SD di Indonesia mengalami kemunduran kemampuan membaca sebesar 6 bulan pembelajaran.

Pemerintah pusat dan daerah telah dituntut untuk segera bertindak agar angka learning loss ini tidak semakin membesar.

Baca juga: Ajinomoto Buka Lowongan Kerja bagi Fresh Graduate, Ayo Daftar

Tahan laju learning loss di Bulungan, Kalimantan Utara

Tanpa intervensi yang serius dan sistemik, learning loss akan membawa dampak ekonomi dan sosial di masa depan.

Siswa yang mengalami learning loss berpotensi gagal mendapatkan pekerjaan dengan upah layak karena tidak memiliki kompetensi dasar yang cukup saat mereka dewasa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Bulungan, Kalimantan Utara, Suparmin Setto mengatakan, pihaknya telah berhasil menahan laju learning loss di Bulungan.

"Hasil pengukuran kemampuan membaca yang dilakukan kepada 16.757 siswa SD di Bulungan, menunjukkan angka learning loss tahun 2022 tidak lebih buruk dari hasil pengukuran tahun 2017," terang Suparmin dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/7/2022).

Suparmin mengungkapkan, rendahnya kemampuan membaca menjadi tantangan pendidikan di Indonesia selama beberapa dekade terakhir.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Siswa Gap Year Sebelum Kuliah

Ciptakan program rintisan literasi kelas awal

Hasil Assesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Kemendikbud tahun 2016, menemukan 46.83 persen siswa kelas IV SD tidak terampil membaca. Kondisi lebih buruk terjadi di Kalimantan Utara dimana 60.67 persen siswa kelas IV SD yang tidak terampil membaca.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.