Kompas.com - 24/07/2022, 16:30 WIB

 

KOMPAS.com - Perjalanan Salsabilla Rasika Sumekto saat kuliah bisa menjadi inspirasi bagi para mahasiswa. Khususnya bagi mahasiswa baru yang saat ini sedang bersiap-siap masuk kuliah.

Salsabilla merupakan salah satu 50 wisudawan yang mengikuti Wisuda Juli ITB Tahun Akademik 2021/2022.

Ia merupakan mahasiswa dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ITB sekaligus merupakan mahasiswa berkebutuhan khusus.

Salsabilla hanya mampu mendengar suara di atas 90-110 desibel sejak lahir. Namun, hal itu tidak membuatnya berhenti untuk terus melaju hingga garis final perkuliahan.

Baca juga: Kisah Putri, Siswi Madrasah Anak Petani, Raih Beasiswa Kuliah ke Kanada

Ia bahkan punya keahlian membuat komik. Selama menimba ilmu, tentu Salsabilla punya cerita menarik dan tantangannya saat kuliah.

Alumni SMAN 1 Depok ini bercerita, jika saat kuliah ia menangkap pembelajaran melalui tulisan-tulisan yang dipresentasikan dosen hingga catatan materi kuliah yang telah dicatat oleh rekan-rekan mahasiswa lainnya.

Dalam metode membaca gerakan bibir, bagi Salsabilla pribadi keakuratannya hanya 30 persen.

Sehingga ia lebih mengandalkan visual dan tulisan. Salsabilla juga mengatakan terdapat metode preferensi komunikasi yang berbeda-beda di antara teman-teman tuli.

Tidak semuanya mampu mencerna melalui tulisan dan ada yang lebih nyaman lewat bahasa isyarat.

Maka dari itu, ia mengatakan kondisi tersebut bisa menjadi pertimbangan atau masukan bagi layanan Juru Bahasa Isyarat. Serta dibangunnya UKM "Pusat Layanan Disabilitas" di kampus. Sehingga bisa mengakomodasi teman-teman disabilitas ke depannya.

Baca juga: Cerita Ferdi, Gapai Harapan Lanjutkan Kuliah Gratis dengan KIP Kuliah

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.