Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud-LPDP Buka Beasiswa bagi Guru PAUD 2022, Ini Cara Daftar

Kompas.com - 20/07/2022, 10:34 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbudristek bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan kesempatan beasiswa bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Melalui Program Beasiswa LPDP Microcredential, Guru PAUD dapat meningkatkan kompetensi tentang Pembelajaran Berdiferensiasi yang Inklusi untuk Anak Usia Dini di Monash University, Australia.

Program beasiswa ini akan dilaksanakan pada Oktober 2022 dan masa pendaftaran program dibuka mulai 15 Juli hingga 9 September 2022.

Baca juga: Lulusan S1 Mau Jadi Guru? Kemendikbud Buka 40.000 Kuota Calon Guru di PPG

"Program ini akan dilaksanakan pada Oktober 2022. Pendaftaran Program ini dibuka mulai 15 Juli s.d. 9 September 2022. Segera siapkan dokumen yang diperlukan dan daftarkan diri Bapak/Ibu," tulis akun Ditjen GTK Kemendikbud melalui laman Insgram resmi, Rabu (20/7/2022).

Cakupan beasiswa

Guru PAUD akan difasilitasi pembelajaran profesional tentang penerapan Merdeka Bermain sebagai strategi pelibatan anak usia dini dalam pendagogi PAUD.

Selama 4 (empat) hari, guru PAUD juga akan diberikan pemahaman tentang pentingnya Inklusi dan penerapannya melalui Merdeka Bermain oleh pakar PAUD Monash University, Australia, secara daring.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 di 4 Kampus Singapura, Potongan Uang Kuliah hingga 100 Persen

Persyaratan umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Tidak sedang atau akan menerima beasiswa bergelar ataupun non gelar yang didanai baik oleh APBN/APBD maupun LPDP.
  3. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
  4. Sudah mengajar/membimbing/bertugas paling sedikit 2 (dua) tahun berturut-turut disatuan pendidikan PAUD.
  5. Sekurang-kurangnya memiliki kualifikasi akademik studi program strata 1 (satu) (D-IV/S1).
  6. memiliki kemampuan penggunaan TIK.
  7. memiliki jaringan internet yang memadai, dan
  8. Melampirkan Surat Rekomendasi dari atasan (format surat tersedia di unduhan).

Persyaratan khusus

  1. Memiliki ketentuan batas usia pendaftar 50 (lima puluh) tahun per 31 Desember 2022.
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) jenjang sebelumnya sekurang-kurangnya 3.00 pada skala 4 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau legalisir dan diunggah pada aplikasi pendaftaran.
  3. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic, atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan sebagai berikut: (1). Skor minimal kemampuan bahasa inggris TOEFL ITP 500/iBT TOEFL 60/IELTS 6.0/PTE Academy 50; (2). Sertifikat TOEFL ITP harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.
  4. Mengunggah Surat Izin (format surat tersedia) mendaftar beasiswa dan mengikuti pendidikan dan pelatihan dari: 1) dinas pendidikan bagi yang berstatus PNS; atau. 2) ketua yayasan bagi yang berstatus pegawai tetap yayasan (PTY).
  5. Mengunggah Surat Pernyataan/Kesanggupan melaksanakan studi (format surat tersedia).

Baca juga: 5 Cara Ajarkan Anak SD Berhitung Cepat, Rekomendasi BPK Penabur

Alur pendaftaran

Pendaftaran Program ini dibuka hingga 9 September 2022. Informasi lengkap dan pendaftaran dapat diakses melalui laman https://gurupauddikmas.id/ 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com