Kompas.com - 19/07/2022, 10:15 WIB
|

KOMPAS.com - Menjadi bintang kelas adalah salah satu kunci meraih sukses. Hal ini yang dialami oleh Adam Adhitya Prayoga yang berhasil kuliah di Prodi Ilmu Aktuaria Universitas Gadjah Mada (UGM) tanpa tes.

Bahkan, Adam juga kuliah gratis di UGM karena mendapat beasiswa KIP Kuliah sehingga ia dibebaskan dari biaya pendidikan selama kuliah.

Ternyata, Adam berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya adalah satu-satunya tulang punggung dalam keluarga yang berprofesi sebagai tukang las dengan penghasilan pas-pasan.

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Gejala dan Cara Mencegah Amandel

Adam adalah putra semata wayang pasangan Hartoyo (46) dan Indria Dewi (43) asal Purworejo, Kadireso, Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Ayahnya menjalankan usaha bengkel las tersebut sejak 2006. Namun, usaha bengkel las yang dikerjakan ayahnya itu tidaklah menentu.

Tetap tekun belajar dan berprestasi

Menurut Adam, kadang dalam satu bulan sama sekali tidak ada pesanan jasa las. Karenanya, apa pun dikerjakan oleh sang ayah agar bisa mendapat penghasilan.

"Usaha las ini tidak pasti, ya biasa sebulan itu tidak ada kerjaan. Kalau pas kondisi seperti itu bapak kerja serabutan," ujarnya, dikutip dari laman UGM, Senin (18/7/2022).

Akan tetapi, Adam tak pernah mengeluh meski hidup dari keluarga sederhana. Kondisi tersebut justru menjadi pelecut semangatnya untuk tekun belajar dan berprestasi di bangku sekolah.

Tak heran, sejak SD hingga SMP ia selalu menjadi bintang kelas. Peringkat pertama tidak pernah lepas dari tangannya sekali pun.

Baca juga: Pakar UGM: Hati-hati Berwisata, Kenali Jenis Ancaman Penyakitnya

Ketika di SMA, warga Kadireso, Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, ini juga berprestasi. Adam bisa masuk SMA Pradita Dirgantara, Boyolali, juga dengan mendapatkan beasiswa penuh hingga tiga tahun.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.