Kompas.com - 19/07/2022, 09:34 WIB

KOMPAS.com - Magang bisa menjadi jembatan antara dunia kuliah dan dunia kerja. Tak hanya membekali lulusan perguruan tinggi dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan, magang juga memperluas relasi, memperkaya pengalaman di CV, sehingga meningkatkan daya saing mahasiswa saat mencari kerja nanti.

Kabar baiknya, memperoleh kesempatan magang bagi mahasiswa kini semakin terbuka lebar. Dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa dapat menentukan jenis magang berdasar bidang yang ingin diikuti.

Salah satu instansi yang membuka peluang magang itu adalah Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu).

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

Direktorat Pengembangan Karier, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (Unair) mengundang Kasubag Rekrutmen Sumber Daya Manusia (SDM), Rudy Yulianto, untuk menyampaikan jenis-jenis magang yang dibuka oleh Kemenkeu.

“Terkait dengan magang Kemenkeu di tahun 2022, kami punya beberapa program yang terbagi atas tiga kategori besar, yakni magang reguler, magang MOU dengan perguruan tinggi, dan magang tematik MSIB (magang dan studi independen bersertifikat),” ujarnya dalam webinar yang bertajuk “Talenta Hebat Dengan Magang Merdeka Kemenkeu RI”, pekan lalu, dilansir dari laman Universitas Airlangga.

Berikut 3 program magang yang bisa dicoba oleh mahasiswa:

1. Magang Reguler

Magang reguler merupakan program magang yang bersifat terbuka dan diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa yang ingin bekerja atau internship di Kementerian Keuangan.
Pada tahun 2022, program ini dilaksanakan melalui empat periodisasi dan harus melalui persyaratan magang.

Baca juga: Lulusan S1 Mau Jadi Guru? Kemendikbud Buka 40.000 Kuota Calon Guru di PPG

Persyaratan Magang Reguler:

1. Surat Pengantar Pengantar Perguruan Tinggi

2. Proposal Magang (rencana program, waktu pelaksanaan magang, unit magang)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.