Kompas.com - 18/07/2022, 12:14 WIB

KOMPAS.com - Radang amandel merupakan salah satu penyakit yang kerap terjadi pada anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

Dosen Departemen THT-KL Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) menjelaskan, amandel adalah bagian dari organ tubuh yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh.

Amandel berfungsi untuk menangkal berbagai kuman, bakteri, dan virus yang akan masuk ke tubuh kita. Letak amandel berada di tenggorokan, di belakang hidung, dan pangkal lidah.

Hesti mengatakan, prinsipnya amandel dimiliki oleh semua orang untuk pertahanan tubuh.

Baca juga: Apakah Minum Suplemen Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Dokter UGM

"Prinsipnya sebenarnya amandel dimiliki oleh semua orang. Karena memang salah satu organ yang berfungsi untuk pertahanan tubuh. Namun, jika sudah tidak dapat berfungsi dengan baik maka amandel tersebut tidak dapat dipertahankan,” papar Hesti dilansir dari laman Universitas Gadjah Mada.

Gejala radang amandel dan cara mengobati

Sakit amandel yang banyak dikenal oleh masyarakat, menurut Hesti adalah kondisi ketika amandel mengalami inflamasi atau peradangan.

“Sakit amandel keluhannya secara umum adalah nyeri telan, kadang disertai batuk, pilek, dan demam,” ujarnya.

Sakit amandel sendiri bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Hesti menyampaikan bahwa jika kita mengalami gejala nyeri telan, batuk, pilek, dan demam, maka gejala tersebut umumnya akan membaik selama dua hingga tiga hari dalam kondisi imun tubuh yang baik.

Baca juga: Daftar Kampus Swasta? Ini Cara Dapat KIP Kuliah PTS untuk Kuliah Gratis

Namun, jika tidak ada perbaikan selama tiga hari, ia menyarankan agar segera berkonsultasi ke dokter untuk melihat penyebabnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.