Kompas.com - 17/07/2022, 21:31 WIB

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) melalui Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri Universitas Terbuka (PPMLN-UT) menggelar seremoni wisuda bagi lulusan UT yang tinggal di Hong Kong pada Minggu, 17 Juli 2022.

Wisudawan berjumlah 28 lulusan berasal dari berbagai program studi, yakni; Ilmu Hukum (tiga orang), Ilmu Administrasi Bisnis (tiga orang), Manajemen (sembilan orang), Ilmu Komunikasi (empat orang), Akuntansi (satu orang) dan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan (delapan orang).

Dalam acara wisuda yang mendapat dukungan KJRI di Hong Kong ini, Rektor UT Prof. Ojat Darojat menyampaikan, memasuki usia ke-38 tahun UT akan terus berkomitmen dan terus berinovasi dalam mewujudkan misi program pendidikan tinggi untuk semua.

"Perluasan daya jangkau layanan menjadi concern utama UT untuk melayani masyarakat baik di Indonesia maupun di luar negeri," tegasnya.

Rektor UT menambahkan, dengan daya jangkau luas dan didukung 39 Kantor UPBJJ-UT dan satu Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri, pihaknya optimis mampu memperlebar sayap di luar negeri agar pekerja migran Indonesia dapat bekerja sambil kuliah.

 

"Perlu kami sampaikan bahwa saat ini jumlah mahasiswa UT di luar negeri, mencapai 2.245 orang dan sebanyak 207 orang mahasiswa berada di Hong Kong. Jumlah mahasiswa tersebut rasanya masih sangat kecil, jika dibandingkan dengan data jumlah PM yang berada di Hong Kong," ungkap Prof. Ojat.

Jadi "role model" pekerja migran Indonesia

Dalam kesempatan sama Kepala PPMLN-UT Pardamean Daulay berharap, kegiatan wisuda ini dapat menjadi pemantik semangat pekerja migran Indonesia lain untuk mengikuti jejak sukses meraih gelar sarjana.

"Kini oleh-oleh yang akan Saudara bawa pulang ke Indonesia bukan hanya dalam bentuk uang tabungan, tetapi kali ini Saudara (juga) akan membawa gelar sarjana. Semoga gelar sarjana yang Saudara peroleh dapat menjadi batu loncatan untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang," harap Pardamean Daulay.

Baca juga: Gelar Wisuda Bertajuk “Go Beyond” 2022, UPH Cetak Rekor MURI

Konjen RI Hong Kong Ricky Suhendar menyampaikan, para lulusan menjadi bukti nyata pentingnya komitmen, disiplin diri, dan ikhtiar yang luar biasa untuk mencapai cita-cita ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.