Kompas.com - 15/07/2022, 11:03 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Andalas (Unand) berubah nama menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) setelah diluncurkan secara resmi pada Kamis (14/7/2022) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Dekan FEB Unand, Dr. Efa Yonnedi mengemukakan perubahan nama ini bukan sesuatu hal yang baru, banyak fakultas ekonomi di beberapa universitas di indonesia sudah berganti nama.

Baca juga: Ada Residu Pestisida di Mi Instan? Begini Penjelasan Ahli Gizi Unair

"Bahkan keinginan perubahan nama ini sudah ada semenjak Prof. Tafdil Husni menjadi dekan," kata dia melansir laman Unand, Jumat (15/7/2022).

Dia menyampaikan, ada beberapa pertimbangan perubahan nama ini, di antaranya mendukung proses internasionalisasi FEB.

Pengembangan ke depan dalam rangka internasionalisasi melalui akreditasi internasional FIBAA membutuhkan penamaan Fakultas dan Prodi yang berstandar internasional, sehingga dapat mensejajarkan fakultas ini dengan FEB di dunia.

Kemudian, lebih tepat secara akademik.

"Berdasarkan hasil audit mutu eksternal AUN-QA tahun 2020 terhadap Prodi Sarjana Ekonomi dan Prodi Sarjana Manajemen mempertanyakan gelar lulusan Prodi Sarjana Manajemen yang waktu itu bachelor of economics (SE) yang terasa janggal karena management dan economics adalah dua field of study yang berbeda," jelas dia.

Lanjut dia menyatakan, sesuai dengan Keputusan Dirjen Dikti tahun 2020, yakni Perbedaan rumpun ilmu tersebut menjadi landasan kuat untuk merubah FE menjadi FEB.

"Perbedaan gelar tersebut menjadikan economic, Sarjana Manajemen (SM) dan Sarjana Akuntansi (S.Ak) kurang pas berada pada Fakultas Ekonomi yang mestinya hanya menghasilkan Sarjana Ekonomi," ujarnya.

Baca juga: Mengapa Burung Berkicau? Dosen IPB Ungkap Alasannya

Lalu, FEB diadopsi sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia dan selaras dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan peluang kepada mahasiswa untuk berada di luar perguruan tinggi selama tiga semester, seperti melaksanakan credit earning baik di dalam maupun luar negeri.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.