Kompas.com - 13/07/2022, 15:21 WIB

KOMPAS.com - Menemukan keunikan kognitif yang dimiliki anak dapat menjadi langkah pertama orangtua dalam mendampingi anak bertumbuh dan berkembang sesuai potensinya.

Membantu orangtua menemukan keunikan kognitif anak, game developer di Indonesia, Agate meluncurkan game Batique.

Batique merupakan game AJT Cognitive Test yang khusus dibuat untuk mengidentifikasi keunikan kognitif anak usia 5-12 tahun berdasarkan teori Cattell-Horn-Carroll (CHC) yang telah teruji.

Setelah melakukan seluruh permainan, Batique akan memberikan laporan komprehensif yang menunjukkan gambaran keunikan kognitif anak sebagai pemain, sehingga memungkinkan orangtua dan pendidik untuk lebih mengenal anak dan potensinya.

Termasuk merancang strategi untuk mengembangkan keunikan dan potensi anak serta menyediakan lingkungan belajar yang kondusif sesuai keunikan anak.

Baca juga: Terkenal Disiplin, Begini Cara Orangtua Jepang Mendidik Anak

Mengenal potensi anak sejak dini

Wahyu Widhiarso, pakar dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengatakan, tes untuk mengetahui potensi dan keunikan anak penting dilakukan ketika anak masih berusia dini agar orangtua dapat membantu mengembangkan diri anak sesuai dengan karakteristik dan kemampuan kognitif anak.

"Harapan kami Batique dapat menjadi tolok ukur untuk lebih banyak institusi mengembangkan pengukuran yang valid dan ilmiah dengan melibatkan teknologi dalam pengembangan game yang bermanfaat," ujarnya dalam peluncuran Batique, beberapa waktu lalu.

Di kesempatan yang sama, VP Enterprise Business of Agate, Lee Marvin mengatakan bahwa dengan bekal pengetahuan akan keunikan anak, orangtua diharapkan bisa menyediakan lingkungan belajar sesuai dengan minat dan pola belajar anak.

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Bantuan Kartu Indonesia Pintar SD-SMA 2022

“Sebagai sumber utama pendidikan anak setiap hari, orang tua yang dibekali game uji kognitif Batique bisa menyediakan lingkungan belajar sesuai dengan minat dan pola belajar Anak. Yuk, tahu cara hindari tantrum anak saat belajar pakai rekomendasi dari laporan Batique,” ucap Lee Marvin.

Batique, Game Pertama di Indonesia untuk Uji Keunikan Kognitif AnakDok. Agate Batique, Game Pertama di Indonesia untuk Uji Keunikan Kognitif Anak

Asesmen pribadi dengan cara menyenangkan

Melalui Batique, anak diajak untuk melakukan asesmen pribadi dengan cara yang berbeda dan menyenangkan. Anak akan dibawa ke dalam 8 mini games dengan misi yang berbeda-beda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.