Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Pendidikan Internasional, 30 Mahasiswa Unissula Dikirim ke UiTM Malaysia

Kompas.com - 12/07/2022, 14:18 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultang Agung (Unissula), Semarang, Jawa Tengah semakin menunjukkan visinya untuk memperkuat latar belakang pendidikan internasional dengan misi mencetak generasi sumber daya manusia (SDM) yang unggul, kompetitif, berprestasi dan berakhlak mulia.

Salah satu kegiatan untuk mewujudkan SDM yang kompeten dengan visi Internasional adalah berpartisipasi pada kegiatan perkuliahan di lintas negara secara konsisten, agar para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk unjuk prestasi di level Internasional.

Baca juga: Sering Minum Kopi? Ini 5 Dampaknya Kata Pakar Kesehatan UM Surabaya

Pada tanggal 26 Juni hingga 1 Juli 2022, FE Unissula mengirim 30 mahasiswa pada acara Student Mini Conference Unissula di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam Malaysia, dalam rangkaian program International Collaborative Program VII.

Total mahasiswa yang ikut, 19 mahasiswa dari Jurusan Akuntansi dan 11 mahasiswa dari Jurusan Manajemen.

Kegiatan ini didampingi oleh 4 Dosen ternama FE Unissula, yakni Punky Lela Saputri (Koordinator dan Kerjasama di Kelas Excellent/Internasional), Lalu Naila Najihah (Pengisi acara Guest Lecture dan dosen Akuntansi), Prof. Hendar (Wakil Dekan FE Unissula), Dr. Lutfi Nurcholis (Dosen Manajemen dan pengisi acara Guest Lecture).

Dekan FE Unissula, Prof. Olivia Fachrunnisa mengatakan, Student Mini Conference Unissula di UiTM CT International Collaborative Program VII merupakan sebuah acara yang sudah dilakukan Fakultas Ekonomi Unissula dengan kampus UiTM Cawangan Trengganu sejak 2015.

"Selain mahasiswa, program ini juga diikuti oleh dosen untuk kegitan guest lecture dan joint research," kata dia dalam keterangannya, Selasa (12/7/2022).

Kegiatan yang dilakukan, antara lain kunjungan di lokasi UMKM dan beberapa tempat di Trengganu.

Lalu acara student mobility, yakni seminar internasional yang mana pengajarnya dibawakan dari luar.

Adapun konsepnya, mahasiswa ditempatkan di suatu ruangan dan para pembicaranya adalah dosen UiTM serta kolaborasi dengan dosen FE Unissula.

Baca juga: Cerita Perjuangan Anak Petani Asal Yogyakarta Bisa Kuliah di UGM

Lalu para peserta bertemu langsung dengan narasumber entrepreneurship.

Selain itu peserta mendapatkan kesempatan kegiatan KKN Internasional sesuai dengan tema yang dikunjungi pada saat lokasi UMKM.

Para peserta juga mendapatkan pengalaman untuk berkolaborasi dengan Non-Government Organization (NGO), Gerakan Plastik Ijah (GPI) untuk membersihkan pantai (Beach Cleanup).

Banyaknya jadwal yang padat, antara lain mengikuti seminar proposal dan networking dengan pihak UMKM, NGO dan UiTM.

Adapun program kuliah kerja nyata (KKN) di Malaysia, sebanyak 30 mahasiswa dari FE Unissula dibagi 6 kelompok. Setelah itu, hasil dari KKN dikumpulkan di LPPM Unissula.

"Sementara joint research yang dilakukan para dosen FE Unissula adalah sesuai dengan konsentrasi dosen keilmuan masing-masing," ungkap Punky Lela Saputri.

Prof. Olivia berharap, kegiatan ini menjadi pembekalan bagi mahasiswa dalam menggali ilmu pengetahuan dengan teknologi serta memiliki pengalaman secara internasional, dan mendapatkan masukan dari pakar atau ahli di bidangnya.

Baca juga: Ada Residu Pestisida di Mi Instan? Begini Penjelasan Ahli Gizi Unair

"Sementara para Dosen FE Unissula yang berpartisipasi juga mendapatkan pengalaman dan rekoginisi di tingkat Internasional. Dan yang tidak kalah penting adalah kesempatan untuk berdakwah melalui kegiatan akademik berkualitas di tingkat global. Kualitas laporan akhir menjadi semakin meningkat," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com