Kompas.com - 11/07/2022, 15:42 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia pasti sudah tahu tentang buah rambutan. Salah satu buah musiman yang banyak tumbuh di Indonesia ini memiliki bentuk yang unik karena kulitnya yang menyerupai rambut.

Saat makan buah rambutan, terdapat biji yang biasanya dibuang. Namun di tangan mahasiswa yang tergabung dalam Tim Herbaraga dari Politeknik Negeri Malang (Polinema), biji rambutan justru bisa disulap menjadi produk makanan berupa selai.

"Kita selama ini hanya memanfaatkan daging buah rambutan, sedangkan kulit dan bijinya dibuang menjadi limbah. Ini yang kemudian kami manfaatkan untuk membuat produk selai," kata Rizki Bagus Maulana dari Tim Herbaraga seperti dikutip dari laman Direktorat Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (11/7/2022).

Tim Herbaraga ini merupakan tim yang terdiri atas beberapa mahasiswa lintas jurusan yang ada di Polinema.

Baca juga: Ada Residu Pestisida di Mi Instan? Begini Penjelasan Ahli Gizi Unair

Proses pembuatan biji rambutan jadi selai

Para mahasiswa yang tergabung dalam Tim Herbaraga ini dibina dalam wadah inkubasi bisnis, Entrepreneurship Training Unit (ETU) di kampus Polinema.

Untuk menjadi produk selai yang lezat, biji buah rambutan ini harus melalui berbagai tahapan. Awalnya biji rambutan dibersihkan dengan cara membuang kulit ari dari biji rambutan.

Biji buah rambutan yang sudah dibersihkan ini, harus dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dipanggang menggunakan oven dengan suhu dan waktu yang ditentukan.

"Proses pemanggangan ini yang cukup penting karena jika sampai salah penanganan, justru rasa biji buah rambutan ini akan pahit," papar Rizki.

Setelah dipanggang, lanjut Rizki, biji buah rambutan kemudian dihaluskan. Biji buah rambutan yang sudah menjadi serbuk ini lantas dicampur dengan sejumlah bahan lain.

Baca juga: Ada 2 Dampak Kenaikan Harga Minyak di Indonesia Menurut Ekonom Unair

Seperti madu, gula, serta garam sebagai penyeimbang rasa.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.