Kompas.com - 06/07/2022, 19:18 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah meluncurkan berbagai program untuk meningkatkan kualitas guru dan tenaga pendidik.

Hal ini tentu tak terlepas agar makin memajukan pendidikan di Indonesia. Untuk meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan ini tidak hanya menjadi fokus Kemendikbud Ristek, tapi banyak pihak yang memiliki tujuan sama demi kemajuan generasi muda bangsa Indonesia di masa depan.

Tentunya kapasitas dan kapabilitas guru atau pendidik harus selaras dengan pesatnya perkembangan zaman.

Sejak tahun 2021, Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981 telah dipercaya menjadi mitra Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Auto2000 Buka Lowongan Kerja bagi S1 Semua Jurusan, Ayo Daftar

Program Pintar penggerak dijalankan di 4 kabupaten

Khususnya dalam hal mendukung Program Organisasi Penggerak melalui jalur pendanaan mandiri, yang disebut program Pintar Penggerak.

Program ini dijalankan di 4 kabupaten, yakni Kampar (Riau), Muaro Jambi (Jambi), Tegal (Jawa Tengah), dan Kutai Barat (Kalimantan Timur). Melalui program Pintar Penggerak, Tanoto Foundation memodelkan praktik baik untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam literasi, numerasi dan sains di 263 SD dan SMP.

Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan, kunci utama transformasi sistem pendidikan di Indonesia adalah kemauan pendidik untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

Tanoto Facilitators Gathering (TFG) 2022 adalah salah satu cara Tanoto Foundation untuk membantu para guru dan kepala sekolah mitra untuk mengembangkan diri.

Baca juga: Dokter Unair Bagikan Tips Atasi Gigi Sensitif

Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Belinda Tanoto mengungkapkan, peningkatan kualitas tenaga pendidik atau guru merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Karena itu, sejak tahun 2018, Tanoto Foundation mendukung program pemerintah dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui program Pintar atau Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran," kata Belinda seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (6/7/2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.