Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Ini 7 Tips Memilih Judul Skripsi yang Menarik

Kompas.com - 05/07/2022, 11:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Ketika sudah di semester akhir, mahasiswa S1 harus mengerjakan skripsi. Apakah kamu salah satunya? Apakah sudah menentukan topik yang akan diangkat?

Jika sudah, tentu harus memilih judul skripsi yang tepat. Tapi terkadang mahasiswa masih bingung bagaimana menentukan judul skripsi/tugas akhir yang menarik dan bagus.

Selain itu, mahasiswa juga harus mengalahkan rasa malas untuk mengerjakan skripsi. Padahal ini adalah wajib dikerjakan.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 4 Cara Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami

Tips memilih judul skripsi

Dilansir dari laman Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, berikut ini 7 tips memilih judul skripsi atau tugas akhir yang menarik:

1. Temukan masalah dan menentukan judul

Bagi mahasiswa yang akan mengerjakan skripsi tentu harus mencari suatu topik permasalahan. Nanti topik penelitian itu bisa diangkat menjadi topik/ tema/ judul skripsi.

Menentukan suatu topik skripsi yang berasumsi dari suatu masalah membuat kamu akan leluasa dalam mengembangkan ide, metode dan solusi dalam penyusunan skripsi.

2. Pilih tema yang bisa diselesaikan tepat waktu

Hal berikutnya ialah kami harus mempertimbangkan alokasi waktu dalam memilih judul skripsi. Pilihlah judul skripsi yang bisa kamu selesaikan, karena jangan sampai kamu memilih judul yang sulit dengan kombinasi beberapa variabel.

Sehingga di tengah proses penyusunan skripsi, kamu memilih menyerah dan hendak mengganti judul skripsi. Maka dari itu kamu dituntut bijak dalam memilih skripsi.

3. Sesuaikan jurusanmu

Tak kalah penting ialah judul atau topik skripsi harus disesuaikan dengan displin ilmu agar bisa menjadi lebih expert dalam menyusunnya.

Baca juga: Pie Mocaf Buatan Mahasiswa UNY Ini Aman bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Skripsi yang disusun sesuai dengan jurusan kuliah membuat kamu bisa mendapatkan ide, solusi dalam proses penyusunan skripsi.

4. Pertimbangkan alokasi dana

Tips memilih judul skripsi lainnya ialah jangan lupa mempertimbangkan aspek biayanya. Karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dalam menyusun sebuah skripsi biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com