Kompas.com - 04/07/2022, 14:09 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu penampilan yang harus dijaga seseorang adalah kebersihan dan keindahan rambut. Apalagi jika rambut bersih, wangi dan bebas ketombe.

Tapi jika rambut ketombean, maka harus segera ditangani dengan baik. Sebab, ketombe bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal di rambut, memicu kerontokan rambut, dan mengganggu rasa percaya diri.

Ketombe merupakan salah satu masalah pada rambut dan kulit kepala yang cukup umum terjadi. Apalagi jika seseorang sering beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Ners Unair: 4 Bahan Alami untuk Sariawan dan Cara Mengatasinya

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), penyebab ketombe ialah karena seseorang jarang keramas serta kurang menjaga kebersihan rambutnya.

Selain itu, munculnya ketombe bisa disebabkan oleh:

  • seperti minyak berlebih di kulit kepala
  • stres
  • perubahan hormon
  • penyakit tertentu

Cara menghilangkan ketombe

Meski demikian, ketombe bukan kondisi yang berbahaya dan bisa diatasi dengan sampo antiketombe atau bahan-bahan alami. Berikut ini cara menghilangkan ketombe:

1. Rutin cuci rambut

Hal pertama ialah dengan rutin cuci rambut. Apalagi jika rambut Anda tipe yang mudah berminyak. Dengan mencuci rambut secara rutin, sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit kepala dapat terangkat.

Baca juga: Stikes Panti Kosala: Ini Tanda dan Gejala Jantung Koroner

Namun, hindari mencuci rambut terlalu sering karena kebiasaan ini bisa menghilangkan minyak alami yang ada di rambut dan kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi kering dan ketombe akan semakin parah.

2. Pakai sampo antiketombe

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.