Kompas.com - 01/07/2022, 20:21 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), M Budi Djatmiko mengaku, sudah ada ribuan perguruan tinggi swasta (PTS) yang telah menjalankan program digitalisasi kampus.

Dia menyebut, APTISI telah menghibahkan inovasi Edufecta, sebuah aplikasi penyedia sistem informasi manajemen kepada seribu PTS.

Baca juga: Peneliti UGM: Hentikan Konten Media Sosial yang Berujung Maut

Edufecta merupakan aplikasi manajemen kampus terintegrasi berbasis cloud yang diciptakan PT Technomedia Interkom Cemerlang yang merupakan anak usaha dari PT IndoSterling Technomedia Tbk (TECH), untuk percepatan digitalisasi perguruan tinggi di Indonesia.

"Ini adalah amunisi bagi transfomasi dan digitalisasi perguruan tinggi," kata Budi Djatmiko dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022).

Dia menyatakan, lewah hibah itu maka ribuan kampus PTS itu akan merasakan manfaat selama 5 tahun.

Budi menegaskan, reformasi dunia pendidikan hanya bisa diraih lewat kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak.

"Kolaborasi itu tak hanya dengan ekosistem perguruan Tinggi, tetapi juga pihak swasta, baik industri teknologi ataupun sebagai penyerap tenaga kerja, pihak regulator, dan semua stakeholders terkait," sebut dia.

CEO IndoSterling Technomedia, Billy Andrian, mengatakan kolaborasi ini menjadi wujud nyata dari reformasi digital perguruan tinggi.

Baca juga: Calon Doktor Muda UB, Syahputra Lulus dengan IPK 4,00 di Usia 26 Tahun

Ini juga menjadi komitmen berkesinambungan yang diawali dengan semangat mewujudkan Program Kampus Merdeka.

"Dua entitas yang memiliki tujuan akhir yang sama, mempersiapkan generasi Indonesia yang tanggap perubahan dan tidak gagap menghadapi laju perkembangan teknologi yang tidak akan pernah berhenti," tutur Billy.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.