Kompas.com - 01/07/2022, 06:07 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap anak memiliki proses tumbuh kembang yang berbeda-beda. Maka, ada anak yang pertumbuhannya cepat tetapi ada pula yang agak lambat.

Terlebih dengan masalah berat badan ideal. Banyak orang tua yang sulit menyesuaikan atau mempertahankan berat badan ideal. Terutama saat anak susah makan, baru sembuh dari sakit, atau memiliki pola makan yang tidak sehat.

Selain itu, faktor keturunan juga berperan besar dalam menentukan berat badan dan bentuk tubuh anak.

Baca juga: Ners Unair: 6 Vitamin untuk Kulit agar Sehat Berikut Jenis Makanannya

Namun, secara umum, diperlukan perhitungan yang sesuai untuk menentukan apakah berat badan anak normal dan sehat. Perhitungan tersebut bisa dilakukan melalui penilaian indeks masa tubuh.

Melansir laman resmi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh (IMT) digunakan untuk mengetahui apakah berat badan anak tergolong ideal.

Cara ini dikembangkan para ahli untuk mengetahui kisaran berat badan yang sehat sesuai dengan tinggi badan.

Untuk menentukan IMT anak, para orangtua perlu mengukur tinggi dan berat badan anak. Setelah data mengenai tinggi dan berat badan anak diketahui, Anda dapat mencari tahu apakah IMT anak Anda berada di kisaran yang normal.

Usai Anda mendapatkan angka IMT anak, Anda dapat menentukan apakah berat badan anak sudah ideal, kurang, atau berlebih berdasarkan klasifikasi IMT untuk anak-anak sesuai usianya.

Baca juga: Dosen FK Unair: Ini Cara agar Kulit Sehat dan Kencang

Cara lainnya adalah membandingkan berat badan anak dengan grafik pertambahan berat badan anak berdasarkan usia yang bisa Anda lihat pada Kartu Menuju Sehat.

Jika hasilnya menunjukkan bahwa anak mengalami berat badan kurang, berat badan berlebih, atau obesitas, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter anak. Setelah itu, dokter dapat memberikan penanganan yang tepat agar berat badan anak bisa normal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.