Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menjaga Berat Badan Ideal Anak, Info Ners Unair

Kompas.com - 01/07/2022, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setiap anak memiliki proses tumbuh kembang yang berbeda-beda. Maka, ada anak yang pertumbuhannya cepat tetapi ada pula yang agak lambat.

Terlebih dengan masalah berat badan ideal. Banyak orang tua yang sulit menyesuaikan atau mempertahankan berat badan ideal. Terutama saat anak susah makan, baru sembuh dari sakit, atau memiliki pola makan yang tidak sehat.

Selain itu, faktor keturunan juga berperan besar dalam menentukan berat badan dan bentuk tubuh anak.

Baca juga: Ners Unair: 6 Vitamin untuk Kulit agar Sehat Berikut Jenis Makanannya

Namun, secara umum, diperlukan perhitungan yang sesuai untuk menentukan apakah berat badan anak normal dan sehat. Perhitungan tersebut bisa dilakukan melalui penilaian indeks masa tubuh.

Melansir laman resmi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh (IMT) digunakan untuk mengetahui apakah berat badan anak tergolong ideal.

Cara ini dikembangkan para ahli untuk mengetahui kisaran berat badan yang sehat sesuai dengan tinggi badan.

Untuk menentukan IMT anak, para orangtua perlu mengukur tinggi dan berat badan anak. Setelah data mengenai tinggi dan berat badan anak diketahui, Anda dapat mencari tahu apakah IMT anak Anda berada di kisaran yang normal.

Usai Anda mendapatkan angka IMT anak, Anda dapat menentukan apakah berat badan anak sudah ideal, kurang, atau berlebih berdasarkan klasifikasi IMT untuk anak-anak sesuai usianya.

Baca juga: Dosen FK Unair: Ini Cara agar Kulit Sehat dan Kencang

Cara lainnya adalah membandingkan berat badan anak dengan grafik pertambahan berat badan anak berdasarkan usia yang bisa Anda lihat pada Kartu Menuju Sehat.

Jika hasilnya menunjukkan bahwa anak mengalami berat badan kurang, berat badan berlebih, atau obesitas, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter anak. Setelah itu, dokter dapat memberikan penanganan yang tepat agar berat badan anak bisa normal.

Cara menjaga berat badan ideal anak

1. Beri makanan bergizi seimbang

Cara pertama ialah anak yang berat badannya di bawah normal bukan berarti harus diberikan makanan berkalori tinggi atau makanan berlemak.

Mereka tetap membutuhkan pola makan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, serat, protein, lemak baik, serta vitamin dan mineral.

2. Berikan suplemen

Jika kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi melalui makanan, baik karena makanannnya kurang variatif atau anak susah makan, orangtua dapat memberikan suplemen nutrisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com