Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2022, 16:25 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) mencapai posisi tertinggi Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2021 pada liga Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum atau PTN-BLU.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Riset, dan Teknologi kepada Sekretaris Universitas Setyono Yudo Tyasmoro pada Senin (27/6/2022) di Jakarta.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Aulanni’am, mengatakan, IKU bertujuan mendorong transformasi di bidang Pendidikan Tinggi, dan ada banyak kriteria yang dimiliki oleh UB sehingga bisa menempatkannya di posisi tertinggi.

Kriteria-kriteria yang dimiliki itu berada pada delapan indikator utama, yaitu pertama rentang kualitas lulusan yang terlihat pada IKU1 dan IKU2.

Baca juga: Di Liga PTN BH, UI Raih Penghargaan Indikator Kinerja Utama Tertinggi

Indikator tersebut berkaitan dengan jumlah lulusan untuk mendapat pekerjaan layak.

Pada IKU2 kualitas lulusan bisa dilihat dari pengalaman mahasiswa mendapatkan pengetahuan di luar kampus, seperti magang proyek desa, melakukan penelitian bersama di tempat magang, berwirausaha dan pertukaran pelajar.

Menurut Prof Aul, kriteria pada IKU 2 sudah banyak dicapai oleh UB namun nilainya masih kecil.

IKU3 dan IKU 4 berkaitan dengan kegiatan dosen di luar kampus, contohnya kegiatan dosen sebagai staf ahli di kementerian, dosen berkegiatan di luar kampus, dan dosen yang menjadi staf khusus di industri.

"Mencari pengalaman di industri atau berkegiatan di kampus lain, UB sudah punya Dosen Berkarya atau Dokar. Bentuk kegiatan pada IKU 4 contohnya praktisi mengajar di kampus dalam program 3 in 1. Kita punya banyak praktisi yang mengajar di kampus. Ada sekitar 200-an di tahun 2021 lalu," katanya, dilansir dari rilis UB.

Baca juga: 10 PTN Terbaik dalam Pencapaian 8 IKU Kemendikbud 2021

Prof. Aul menambahkan, IKU5 berkaitan dengan hasil kerja dosen yang digunakan masyarakat dan dapat di rekognisi internasional, contohnya produk-produk KID Diagnostik GAD65.

"Ada juga produk-produk lain yang dihasilkan oleh dosen , mendapatkan inkubasi oleh unit-unit di UB , yaitu pendampingan oleh dikelola BIIW ( Badan Inovasi Ikubasi Wirausaha ) dan dibantu oleh BUA ( Badan Usaha Akademik) untuk bisa dikerjasamakan dengan Industri akar terhilirisasi masyarakat," katanya. 

Sementara pada IKU6, IKU 7, dan IKU 8 berkaitan dengan kualitas kurikulum, contohnya adalah program kerja sama kelas dunia dalam kurikulum magang dan lulusan.

Prof Aul berharap di tahun depan UB masih bisa meraih tiga besar untuk capaian IKU.

"Kita sudah punya modal terutama untuk kegiatan MBKM Semeru , yaitu merupakan MBKM mandiri mahasiswa menyelesaikan 20 SKS, punya kerja sama aktif dengan Universitas kelas Dunia dan industri," ujarnya.

Ia mengatakan dari modal tersebut pihak UB berharap tahun depan bisa berada di posisi tiga besar untuk capaian IKU Liga PTN-BH.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com