Kompas.com - 30/06/2022, 15:26 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) telah mengumumkan hasil Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2022.

Pengumuman dilakukan secara online, para peserta bisa melihat hasilnya lewat laman http://pengumuman.um-ptkin.ac.id/ mulai pukul 13.00 WIB dengan cara login sesuai akun registrasi saat mendaftar.

Baca juga: Calon Mahasiswa Ikut UM-PTKIN 2022, Ini Link Pengumumannya

Ketua PMB PTKIN 2022, Imam Taufiq menyatakan, hasil seleksi UM-PTKIN 2022 diumumkan setelah panitia nasional menggelar sidang kelulusan bersama seluruh panitia lokal masing-masing PTKIN untuk membahas nilai hasil ujian masing-masing peserta.

"Berdasarkan evaluasi hasil ujian dan didahului lewat sidang kelulusan, hari ini secara resmi kami sampaikan pengumuman kelulusan para peserta UM-PTKIN 2022," kata Imam melansir laman Kemenag, Kamis (30/6/2022).

Dari total 142.716 peserta yang mendaftar, kata dia, ada 63.717 peserta yang lulus seleksi jalur UM-PTKIN 2022.

Imam Taufiq merinci, sebanyak 83 persen lulus pada pilihan prodi pertama, 10 persen untuk pilihan kedua, dan 7 persen pilihan prodi ketiga.

Tahun ini, sambung dia, ada 82 peserta difabel yang juga lulus UM-PTKIN.

Dia menjelaskan, program studi (Prodi) Ekonomi Syariah UIN Jakarta mendapat nilai rerata tertinggi dengan skor 606,0705.

Sedangkan prodi dengan daya saing tertinggi adalah Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, yakni 46 orang yang lulus dari total 1.711 peserta.

Baca juga: Kisah Celline, Lulus Sarjana Kedokteran Unair pada Usia 19 Tahun

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi kampus PTKIN dengan jumlah pendaftar terbanyak, yakni sebanyak 17.243 orang. Adapun peserta yang lulus sebanyak 1.274 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.