Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2022, 15:26 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) telah mengumumkan hasil Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2022.

Pengumuman dilakukan secara online, para peserta bisa melihat hasilnya lewat laman http://pengumuman.um-ptkin.ac.id/ mulai pukul 13.00 WIB dengan cara login sesuai akun registrasi saat mendaftar.

Baca juga: Calon Mahasiswa Ikut UM-PTKIN 2022, Ini Link Pengumumannya

Ketua PMB PTKIN 2022, Imam Taufiq menyatakan, hasil seleksi UM-PTKIN 2022 diumumkan setelah panitia nasional menggelar sidang kelulusan bersama seluruh panitia lokal masing-masing PTKIN untuk membahas nilai hasil ujian masing-masing peserta.

"Berdasarkan evaluasi hasil ujian dan didahului lewat sidang kelulusan, hari ini secara resmi kami sampaikan pengumuman kelulusan para peserta UM-PTKIN 2022," kata Imam melansir laman Kemenag, Kamis (30/6/2022).

Dari total 142.716 peserta yang mendaftar, kata dia, ada 63.717 peserta yang lulus seleksi jalur UM-PTKIN 2022.

Imam Taufiq merinci, sebanyak 83 persen lulus pada pilihan prodi pertama, 10 persen untuk pilihan kedua, dan 7 persen pilihan prodi ketiga.

Tahun ini, sambung dia, ada 82 peserta difabel yang juga lulus UM-PTKIN.

Dia menjelaskan, program studi (Prodi) Ekonomi Syariah UIN Jakarta mendapat nilai rerata tertinggi dengan skor 606,0705.

Sedangkan prodi dengan daya saing tertinggi adalah Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, yakni 46 orang yang lulus dari total 1.711 peserta.

Baca juga: Kisah Celline, Lulus Sarjana Kedokteran Unair pada Usia 19 Tahun

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi kampus PTKIN dengan jumlah pendaftar terbanyak, yakni sebanyak 17.243 orang. Adapun peserta yang lulus sebanyak 1.274 orang.

Dengan itu, UIN Sunan Kalijaga menjadi PTKIN dengan daya saing tertinggi (keketatan 13,53 persen).

Pada urutan berikutnya ada UIN Jakarta dengan 18.125 pendaftar dan yang 1.753 lulus (keketatan 10,34 persen).

Lalu ada UIN Alauddin Makassar dengan 17.570 pendaftar dan 1991 lulus (keketatan 8,82 persen).

Sementara itu, satuan pendidikan dengan rerata nilai peserta tertinggi diraih MAN Insan Cendekia Pasuruan (599,254). Kemudian disusul MAN Insan Cendekia SIAK (595,356), dan MAS Kafila (592,969).

Para peserta yang lulus dapat merujuk ketentuan daftar ulang pada panitia lokal PMB di PTKIN masing-masing.

Peserta yang belum lulus seleksi, dia menyarankan bisa mendaftar ke PTKIN lewat jalur mandiri yang diselenggarakan masing-masing kampus

Baca juga: Peneliti UGM: Hentikan Konten Media Sosial yang Berujung Maut

"Saya sampaikan selamat kepada para peserta yang lulus UM-PTKIN 2022, setelah ini silakan menindaklanjuti daftar ulang pada PTKIN masing-masing. Bagi yang belum lulus, masih terbuka kesempatan kuliah di PTKIN lewat ujian jalur mandiri," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com