Kompas.com - 29/06/2022, 10:27 WIB

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) meraih akreditasi "Unggul", akreditasi tingkatan kualitas tertinggi yang dikeluarkan BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Pencapaian ini bertepatan dengan Wisuda Magister, Sarjana dan Ahli Madya Uhamka Tahun 2022 Gelombang 2 (28/6/2022) bertajuk "Profethic University untuk Generasi Unggul di Era Digital" di Balai Sidang Jakarta Conventional Center (JCC).

“Alhamdulillah. Hari ini tepat dihadiri yang berbahagia melepas Hamka muda melanjutkan cita-citanya, kita mendapat kado istimewa bahwa Uhamka dinyatakan terakreditasi Unggul," ungkap Rektor Uhamka, Prof. Gunawan.

"Terima kasih atas doa dan kerja keras bapak ibu dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan juga semua keluarga besar Uhamka. Semoga Allah membalas kebaikan dan semangat kita semua,” tambahnya.

Prof. Gunawan juga mengungkapkan, dari 2.887 universitas di Indonesia dan terdaftar di BAN PT, hanya 31 universita  terakreditas Unggul, salah satunya Uhamka.

Sebagai informasi, akreditasi Unggul adalah capaian tertinggi bagi universitas di Indonesia yang memiliki mutu dan dilakukan penilaian oleh Badan Akreditasi Perguruang Tinggi Indonesia (BAN-PT).

Terdapat sembilan kriteria visi, misi, tujuan dan sasaran yang menjadi indikator, yakni; tata pamong, tata kelola dan kerjasama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; luaran dan capaian tridharma.

Pengesahan akreditasi Unggul Uhamka disahkan melalui SK. No. 290/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VI/2022.

Baca juga: Unesa Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Melengkapi prestasi lain

Rektor Uhamka juga menyampaikan, raihan akreditasi Unggul merupakan bukti dari berbagai macam raihan antara lain:

  • Perguruan Tinggi Islam terbaik di DKI Jakarta
  • Raihan rangking peringkat ke-1 versi impact Webomatrics dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aiysiyah se Indonesia-Malaysia
  • Menjadi Top 5 dari Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Di lain hal, Uhamka membuktikan komitmennya dalam meningkatkan kurikulum, sarana prasarana dan teknologi serta yang terpenting dalam bidang pendidikan.

"Sebelumnya Uhamka telah meraih akreditasi Unggul untuk Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), kini Uhamka berhasil meraih Sertifikasi Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi," papar Rektor Uhamka.

"Tentu hal ini juga merupakan hasil kolaborasi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan stake holder Uhamka," pungkas Prof. Gunawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.