Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kado Istimewa Wisuda 2022, Uhamka Raih Akreditasi "Unggul" BAN PT

Kompas.com - 29/06/2022, 10:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) meraih akreditasi "Unggul", akreditasi tingkatan kualitas tertinggi yang dikeluarkan BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Pencapaian ini bertepatan dengan Wisuda Magister, Sarjana dan Ahli Madya Uhamka Tahun 2022 Gelombang 2 (28/6/2022) bertajuk "Profethic University untuk Generasi Unggul di Era Digital" di Balai Sidang Jakarta Conventional Center (JCC).

“Alhamdulillah. Hari ini tepat dihadiri yang berbahagia melepas Hamka muda melanjutkan cita-citanya, kita mendapat kado istimewa bahwa Uhamka dinyatakan terakreditasi Unggul," ungkap Rektor Uhamka, Prof. Gunawan.

"Terima kasih atas doa dan kerja keras bapak ibu dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan juga semua keluarga besar Uhamka. Semoga Allah membalas kebaikan dan semangat kita semua,” tambahnya.

Prof. Gunawan juga mengungkapkan, dari 2.887 universitas di Indonesia dan terdaftar di BAN PT, hanya 31 universita  terakreditas Unggul, salah satunya Uhamka.

Sebagai informasi, akreditasi Unggul adalah capaian tertinggi bagi universitas di Indonesia yang memiliki mutu dan dilakukan penilaian oleh Badan Akreditasi Perguruang Tinggi Indonesia (BAN-PT).

Terdapat sembilan kriteria visi, misi, tujuan dan sasaran yang menjadi indikator, yakni; tata pamong, tata kelola dan kerjasama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; luaran dan capaian tridharma.

Pengesahan akreditasi Unggul Uhamka disahkan melalui SK. No. 290/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VI/2022.

Baca juga: Unesa Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Melengkapi prestasi lain

Rektor Uhamka juga menyampaikan, raihan akreditasi Unggul merupakan bukti dari berbagai macam raihan antara lain:

  • Perguruan Tinggi Islam terbaik di DKI Jakarta
  • Raihan rangking peringkat ke-1 versi impact Webomatrics dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aiysiyah se Indonesia-Malaysia
  • Menjadi Top 5 dari Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Di lain hal, Uhamka membuktikan komitmennya dalam meningkatkan kurikulum, sarana prasarana dan teknologi serta yang terpenting dalam bidang pendidikan.

"Sebelumnya Uhamka telah meraih akreditasi Unggul untuk Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), kini Uhamka berhasil meraih Sertifikasi Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi," papar Rektor Uhamka.

"Tentu hal ini juga merupakan hasil kolaborasi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan stake holder Uhamka," pungkas Prof. Gunawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com