Kompas.com - 27/06/2022, 19:15 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) bisa bernafas lega.

Kamu sudah diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) impian dengan program studi (prodi) pilihanmu.

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, banyak calon mahasiswa yang memilih Universitas Diponegoro (Undip) di ajang UTBK SBMPTN 2022 lalu.

Total animo SBMPTN Undip 2022 sebanyak 55.758 orang. Sementara jumlah yang diterima Universitas Diponegoro melalui jalur SBMPTN 2022 sebanyak 3.258 orang.

Baca juga: Beasiswa S2 di Malaysia, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

Kepala LP2MP (Lembaga Pengembagan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) Universitas Diponegoro, Prof. Setia Budi Sasongko mengatakan, Undip berada di peringkat keenam untuk nilai rata-rata SBMPTN 2022 Saintek.

Peringkat ini dapat menjadi acuan atau referensi bagi calon peserta SBMPTN 2023. Perlu diketahui bahwa program studi S1 SBMPTN Undip tahun 2022 sebanyak 53 program studi. Prodi ini terdiri dari program studi Saintek sebanyak 35 prodi dan program studi Soshum sejumlah 18 program studi.

"Rinciannya jumlah yang diterima pada prodi Saintek sebanyak 1.904 orang dan jumlah yang diterima pada prodi Soshum berjumlah 1.354 orang," urai Prof. Setia Budi Sasongko seperti dikutip dari laman Undip, Senin (27/6/2022).

Dalam UTBK SBMPTN 2022 ada beberapa prodi baik di Saintek dan Soshum yang punya keketatan paling tinggi. Hal ini dilihat dari perbandingan jumlah yang diterima dengan pendaftar.

Baca juga: Omron Indonesia Buka Lowongan Kerja bagi D4/S1, Yuk Daftar

Prodi Soshum Undip terketat di SBMPTN 2022

Berikut prodi Soshum paling ketat Undip di SBMPTN 2022:

1. Prodi Ilmu Komunikasi (Fisip)

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.