Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2022, 15:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 14 mahasiswa Indonesia International Institute for Life-Sciences (I3L) dan i3L School of Business (iSB) lulus seleksi beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards atau IISMA 2022 yang digelar Kemendikbud Ristek.

IISMA merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek). Hasil kolaborasi antara Kemendikbud Ristek dan LPDP di mana mahasiswa dapat mengambil mata kuliah hingga 20 SKS di perguruan tinggi luar negeri.

Program ini ditujukan bagi mahasiswa program sarjana semester empat sampai enam di perguruan tinggi di lingkungan Ditjen Dikti Kemendikbudristek.

Peserta akan melanjutkan studi selama satu semester di universitas ternama Amerika, Asia, Australia, dan Eropa dengan dengan pilihan lebih dari 72 perguruan tinggi dari 30 negara yang masuk dalam jajaran Top 300 QS University Ranking.

Thalita C Pingkan Sumampow, Head of International office i3L menjelaskan, kuliah bahkan biaya perjalanan, akomodasi, dan biaya hidup, semua ditanggung oleh negara.

"Tidak hanya dari sisi akademik, tetapi para mahasiswa tentu juga akan mendapatkan pengalaman yang berharga hidup di negara orang dengan budaya masing-masing yang unik dan berbeda dengan budaya di Indonesia," ungkap Pingkan.

Pengalaman tersebut diharapkan akan menjadi bekal berharga untuk masa depan penerima beasiswa.

“Proses diawali dengan pendaftaran dan seleksi berkas. Tahun ini, pendaftar IISMA berjumlah lebih dari 7.500 mahasiswa. Para applicants yang lolos seleksi berkas kemudian lanjut ke tahap wawancara," jelas Pingkan.

"Di sini mereka akan dinilai dari segi kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris," tambahnya.

Baca juga: Ukrida dan Pemda Mahakam Ulu Gelar Seleksi Beasiswa Bagimu Negeri

Pingkan menyampaikan, para applicants yang lolos tahap wawancara dan menyanggupi segala kesepakatan yang diminta panitia IISMA, seperti bebas napza, antibullying dan harrasment, dan lainnya kemudian ditetapkan menjadi awardees IISMA.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com