Kompas.com - 27/06/2022, 13:54 WIB
|

KOMPAS.com - Sebanyak 116 mahasiswa IPB University mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Kabupaten Tegal. Diharapkan mahasiswa benar-benar siap terjun mengabdi pada masyarakat.

Menurut Prof. Arif Satria selaku Rektor IPB University, program KKN-T ini dimaksudkan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa dan mengaplikasikan bidang ilmunya dalam menggerakkan masyarakat bersama pemerintah.

Ia berharap mahasiswa dapat membangun legacy dan jejak di desa-desa lokasi KKN-T. Mahasiswa juga dapat menebar inspirasi dan karya. Karena itulah yang membuat manusia bermanfaat bagi orang lain.

Baca juga: Guru Besar IPB: Ini Cara Tingkatkan Produktivitas Bawang Putih Lokal

Menurutnya, kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tegal tidak hanya sebatas KKN-T, IPB University juga akan merintis learning centre bawang putih.

Adapun rintisan learning centre Bawang Putih merupakan kolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal yang telah membangun fasilitas learning centre berupa gedung bangsal belajar dan greenhouse senilai Rp 367 juta melalui anggaran Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) tahun 2021.

Sedangkan pada 2022 Kantor Perwakilan Bank Indonesia akan membantu penataan infrastruktur lingkungan dan sarana sarana pembelajaran sebesar Rp 300 juta.

Learning centre yang akan diresmikan pada awal Agustus 2022 selanjutnya akan dikelola oleh Kelompok Tani Berkah Tani Tuwel dibawah binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal.

Melalui kolaborasi ini IPB University akan menyiapkan modul pembelajaran, konsep teaching factory, dan sumber daya manusia dosen dan mahasiswa.

Inovasi ini juga diharapkan dapat membantu percepatan dan peningkatan produktivitas bawang putih di Kabupaten Tegal. Caranya dengan teknologi percepatan masa dormansi bawang putih hanya menjadi dua bulan saja.

"Dengan teknologi dan pendekatan inovasi yang baik, produktivitas bawang putih yang dihasilkan bisa mencapai 20-30 ton per hektar," ujarnya seperti dikutip dari laman IPB University, Jumat (24/6/2022).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.