Kompas.com - 27/06/2022, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) menggelar beasiswa Bagimu Negeri yang kali ini ditujukan bagi calon mahasiswa di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur

Sebagai informasi, Kabupaten Mahakam Ulu merupakan kabupaten termuda di propinsi Kalimantan Timur dan menjadi tetangga Ibu Kota Nusantara (IKN), yaitu wilayah Penajam Paser Utara.

Sejak tahun 2021, Ukrida meluncurkan program beasiswa Ukrida Bagimu Negeri (UBN) yang bertujuan untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi unggul yang akan melanjutkan studi di program studi Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Industri.

Kerja sama beasiswa Ukrida Bagimu Negeri ini difasilitasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat dan diberi nama Gerbang Cerdas Mahakam Ulu.

Sekretaris Daerah Pemkab Kabupaten Mahakam Ulu, Stephanus Madang berharap, beasiswa ini dapat berkontribusi dalam memajukan kabupaten Mahakam Ulu melalui pengembangan aset dan pemberdayaan SDM di bidang pendidikan.

"Kerja sama dengan Ukrida sangat diharapkan di tahun-tahun berikutnya mengingat pembangunan yang berkelanjutan di kabupaten Mahakam Ulu memerlukan para ilmuwan," ujar Stephanus Madang.

Ujian saringan masuk beasiswa

Untuk tahun 2022 ini dari 79 orang siswa yang mengikuti seleksi, sejumlah 11 orang siswa SMA dari Mahakam Ulu dinyatakan layak menerima beasiswa penuh setelah menjalani serangkaian Ujian Saringan Masuk (USM) untuk mengikuti perkuliahan di Ukrida.

Calon mahasiswa yang lulus USM meliputi; dua orang untuk program studi Teknik Elektro, tiga orang untuk program studi Teknik Industri, enam orang untuk program studi Teknik Sipil.

Baca juga: Universitas Maranatha Buka Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Berdasarkan Nilai UTBK dan Tawarkan Beasiswa

 

Sebelumnya sebanyak empat orang siswa lulusan dari SMA di Mahakam Ulu telah menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Ukrida dengan dukungan biaya pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu.

Pembukaan program Gerbang Cerdas Mahakam Ulu dalam rangka penerimaan beasiswa hasil kerjasama Ukrida dengan pemerintah kabupaten Mahakam Ulu dilaksanakan tanggal 22 Juni 2022 di gedung SMP Negeri 01 Long Bagun, Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.