Kompas.com - 25/06/2022, 17:55 WIB
|

KOMPAS.com - Lulusan SMP/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikannya tentu bisa lanjut SMA atau SMK/sederajat. Namun semua harus disesuaikan dengan bakat dan minatnya.

Tapi bagi yang ingin lanjut SMK, ada banyak pilihan jurusan di SMK. Salah satunya ialah Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP).

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Sabtu (25/6/2022), APHP merupakan kompetensi keahlian yang mempelajari bagaimana pengolahan hasil tani hingga menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual tinggi, termasuk bagaimana penjualan produk tersebut.

Baca juga: Apa Keuntungan Siswa SMK Ikut Program D2 Fast Track? Ini Penjelasannya

Di Indonesia, kompetensi keahlian ini sebenarnya sangat diperlukan. Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu negara agraris yang kaya akan potensi hasil pertanian.

Hanya saja, kompetensi bidang APHP cenderung kalah pamor. Jika melihat laporan data pokok pendidikan (Dapodik) 2021, profil lulusan SMK di Indonesia lebih didominasi dari bidang keahlian lain.

Seperti teknologi informasi dan komunikasi, serta teknologi dan rekayasa. Padahal, peluang dan masa depan APHP juga cukup menjanjikan.

Prospek kerja APHP 

Menurut Kepala Program Kompetensi Keahlian APHP SMKN 1 Kota Malang, Jawa Timur, Umi Nur Arifah, lulusan APHP itu bisa bekerja di industri pertanian, pengolahan makanan, atau berwirausaha sendiri.

"Kalau siswa akan melanjutkan juga sangat bisa," ujarnya seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Lulusan SMK, yang Mana Pilihanmu?

Lantas, seperti apa sebenarnya kompetensi keahlian APHP ini? Menurut Umi, meski terkait pertanian, tetapi APHP tidak melulu membahas cara menanam atau menjadi petani.

Namun mempelajari juga bagaimana hasil tani tersebut (herbal, ternak, tanaman pangan, dan sebagainya) diolah menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual tinggi. APPH juga membahas bagaimana penjualan produk tersebut.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.