Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPPM UNJ Gelar Virtual Research Expo dan Luncurkan 11 Pusat Unggulan Iptek

Kompas.com - 15/06/2022, 20:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar Virtual Research Expo dan peluncuran 11 Center of Excellence atau Pusat Unggulan Ipteks (PUI).

Kegiatan yang merupakan rangkaian dies natalis ke-58 UNJ ini dilaksanakan secara hibrid pada 15 Juli 2022 di Aula Gedung UTC UNJ, Jakarta.

Prof. Komarudin, Rektor UNJ menyampaikan, peluncuran 11 Center of Excellence atau Pusat Unggulan Ipteks (PUI) oleh LPPM UNJ menjadi bagian dari upaya UNJ untuk meningkatkan berbagai karya inovasi berbasis riset yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dunia usaha.

"Diharapkan PUI dapat terus menghasilkan berbagai produk riset untuk mendukung visi dan misi UNJ," pesan Prof. Komarudin.

Harini Yaniar, Plt Direktur Manajemen Kekayaan Intelektual BRIN yang mewakili Kepala BRIN mengatakan, Virtual Research Expo UNJ ini sebagai komitmen UNJ untuk memajukan berbagai hasil dan produk riset serta inovasi untuk kemajuan bangsa.

Dalam kesempatan sama, Prof. Ucu Cahyana, Ketua LPPM UNJ mengatakan, Center of Excellence yang diluncurkan adalah Pusat Pengembangan Media Digital, Pusat Pengembangan E-Assesment, Pusat Pengembangan STEAM Education, serta Pusat Pengembangan Teknologi Pengolah Sampah.

Selain itu ada pula Pusat Pengembangan Material Maju; Pusat Pengembangan Robot Pembelajaran, Pusat Pengembangan Kosmetik, Pusat Pengembangan Teknologi Deteksi Bakteri Patogen, Pusat Pengembangan Teknologi Olahraga, Pusat Pengembangan Gizi Kesehatan Olahraga, serta Pusat Pengembangan Wisata Edukasi.

"Peluncuran Center of Excellence ini membuktikan bahwa UNJ siap berdaya saing dalam produk penelitian yang unggul, kreatif, dan inovatif," ungkap Prof. Ucu Cahyana.

Prof. Ucu Cahyana juga menambahkan, dalam kegiatan Virtual Research Expo dan Peluncuran Center of Excellence tahun 2022 ini ditampilkan berbagai produk unggulan hasil hilirisasi penelitian dosen UNJ.

Baca juga: MBM ISB dan Kalbe International Jalin Kolaborasi Riset Digital Marketing

Beberapa di antaranya prototipe nurse robot untuk membantu perawat dalam pemberian obat, mobile learning untuk pembelajaran, metode/alat untuk deteksi bakteri keracunanan pangan, teknologi tangki pembilasan air, kosmetik bahan alam, dan produk penelitian lainnya.

"Melalui produk penelitian yang inovatif, kreatif, dan unggul dapat mewujudkan perguruan tinggi yang mumpuni sekaligus berbasis pada pusat pengembangan ilmu pengetahuan serta sumber daya manusia sehingga peran UNJ dalam dunia usaha, dunia industri, masyarakat maupun pemerintah semakin nyata," ujar Prof. Ucu Cahyana.

Iwan Sugihartono, Sekretaris LPPM UNJ menambahkan, kegiatan ini juga turut dilaksanakan LPPM UNJ Award tahun 2022, yang terdiri dari berbagai kategori.

Beberapa kategori yang diberikan yakni; Publikasi Terbanyak Fakultas dan Individu, Penelitian Terbanyak Fakultas Sumber Dana DRPM Kemendikbudristek, HKI Terbanyak Fakultas, Sitasi Terbanyak Individu, Penghargaan Jurnal OJS UNJ (Terindeks Sinta 2) Tahun 2021, Apresiasi Prodi Terbaik Sinta Tahun 2021, HKI Terbanyak Fakultas dan Individu, Sitasi Terbanyak, serta Poster dan Video terbaik untuk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com