Kompas.com - 13/06/2022, 20:22 WIB

KOMPAS.com - Universitas Terbuka sebagai universitas negeri yang menerapkan sistem
Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) turut mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Kemendikbud Ristek.

Implementasi MBKM UT tergambar dalam gelar wicara yang ditayangkan Radio UT dan Youtube UT bertajuk "Implementasi MBKM di Universitas Terbuka" yang disiarkan pada 13 Juni 2022.

Talk show menghadirkan tiga narasumber yakni; Hendrikus Ivoni Bambang Prasetyo (Wakil Dekan Bidang Akademik FHISIP), Kurnia Endah Riana (Wakil Dekan Bidang Akademik FE), dan Ernik Yuliana (Wakil Dekan Bidang Akademik FST).

Program ini mengupas tuntas implementasi MBKM di UT, agar mahasiswa UT dapat mengambil manfaatnya mulai dari bagaimana belajar di luar program studi dan di luar kampus, proses transkrip dan pengambilan SKS, serta tata cara pendaftaran program MBKM.

Sebagai informasi, MBKM Kemendikbud Ristek merupakan program skema pembelajaran yang membebaskan mahasiswanya untuk mengembangkan potensi akademik dan akademik di luar kampus.

Dalam kesempatan konferensi pers, Mohammad Yunus Wakil Rektor UT menjelaskan, tidak hanya mahasiswa UT yang mendapat kesempatan belajar di kampus lain, mahasiswa perguruan tinggi lain pun  juga banyak yang mengambil mata kuliah di UT lewat program MBKM ini.

"Harapannya para mahasiswa memiliki peluang untuk mengenal bagaimana pembelajaran di kampus lain dan juga kelebihan atau keunggulan dosen di kampus lain," ungkap Mohammad Yunus.

"Ruang-ruang bagi mahasiswa untuk berkembang semakin terbuka lebar," tegasnya.

Baca juga: Unkris dan Usahid Sepakat Sinergikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Warek UT berharap, program MBKM akan membuat mahasiswa memiliki pengalaman dengan dunia luar baik dengan kampus lain, dunia industri, dan juga masyarakat.

"Itu pengalaman yang akan memperkaya dan membekali mahasiswa agar siap memasuki dunia kerja," tambah Mohammad Yunus.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.