Kompas.com - 09/06/2022, 12:17 WIB
|

KOMPAS.com - Saat ini, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tengah gencar untuk menuju world class university (WCU) atau universitas kelas dunia. Karena itu, dibutuhkan berbagai upaya.

Salah satunya riset dan publikasi internasional terus ditingkatkan dan kerja sama dengan lembaga luar negeri diperkuat.

Terkait hal itu, Unesa menggelar webinar bertajuk ‘Partnership Beyond the Nation to Support World Class University’ bersama pakar luar negeri secara hybrid.

Baca juga: Unesa Wacanakan Program Kuliah Fast Track S1-S2

Salah satu narasumber, David Ouchterlonie Associate Director, Global Engagement, University of Nottingham, UK menjelaskan beberapa hal.

Yakni universitas harus berpikir, bertindak dan berinovasi secara lokal sekaligus melintasi batas negara dan budaya.

Selain itu, juga dituntut untuk beradaptasi serta mempromosikan pengembangan pola pikir global sebagai bagian integral dari pengalaman bersama mahasiswa maupun dosen lintas perguruan tinggi.

Kampus khususnya dalam kerja sama internasional perlu membangun kesadaran dan keterbukaan terhadap keragaman budaya dengan penyediaan infrastruktur digital dan fisik, bimbingan, dan lingkungan kerja serta pembelajaran budaya untuk memungkinkan mahasiswa.

"Juga melatih fleksibilitas dan emosional atau kecerdasan budaya dengan kemampuan intelektual yang kuat," ujarnya dikutip dari laman Unesa, Selasa (7/6/2022).

Untuk menuju ke sana, David mengatakan ada aksi prioritas yang dibutuhkan.

1. Pengalaman internasional

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.