Mata Garuda Banten
Perkumpulan Alumni Beasiswa LPDP di Provinsi Banten

Perkumpulan alumni dan awardee beasiswa LPDP di Provinsi Banten. Kolaborasi cerdas menuju Indonesia emas 2045.

Umpan Balik sebagai “Senjata” Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Kompas.com - 08/06/2022, 10:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Muhammad Hidayat, M.Ed., B.Ed*

KESUNGGUHAN pemerintah Indonesia meningkatkan kualitas pendidikan harus diacungi jempol, meskipun target-target yang ingin dicapai belum sepenuhnya diraih dengan cepat dan tepat.

Memperbaiki kualitas pendidikan ibarat menaikkan air ke gurun, penuh tantangan. Ada suka dukanya.

Capaian pendidikan di Indonesia berdasarkan penilaian PISA (the programme for international student assessement) 2018 melaporkan bahwa negara ini berada di peringkat ke-74 dari total 79 negara.

Sementara dalam penilaian soal kemampuan matematika dan sains, kita mentok di peringkat ke-73 dan ke-71 dari 79 negara peserta lainnya (Hewi & Shaleh 2020).

Hasil ini membuat insan pendidikan berkesimpulan bahwa kualitas pendidikan kita belum memenuhi standar global.

Berbagai strategi dijalankan oleh pemerintah untuk mengerek hasil PISA sekaligus kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia.

Antara lain transformasi kepemimpinan sekolah, transformasi pendidikan dan pelatihan guru, penyederhanaan kurikulum, penerapan standar penilaian global, dan kemitraan dengan daerah dan masyarakat sipil.

Terkait dengan perubahan demi perubahan yang terjadi di dalam kurikulum pendidikan di negeri ini, satu elemen yang sudah saatnya menjadi bagian penting dalam rancangan besar pendidikan kita adalah pemberian umpan balik kepada peserta didik.

Di negara-negara maju dengan kualitas pendidikan yang baik, umpan balik untuk peserta didik telah menjadi bagian penting dari proses belajar mengajar.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.